Yuk, Kita Intip Gaya Hidup Para Fruitarian Yang Unik!

Yuk, Kita Intip Gaya Hidup Para Fruitarian Yang Unik!

368

Para fruitarian dikenal dengan gaya hidupnya yang hanya makan buah-buahan saja setiap hari. Simak beberapa komentar dari ahli gizi dalam ulasan berikut!

Kreasitekno.com – Beberapa jenis penyakit mulai banyak bermunculan seiring dengan pola hidup keseharian yang ada di tengah-tengah masyarakat, khususnya di era modern dan serba instan ini. Tentunya kita sudah menyadari apa saja yang menjadi penyebab “singkatnya” masa hidup seseorang. Beberapa faktor seperti kondisi lingkungan, tekanan mental, gaya hidup, dan semisalnya sangat berpengaruh terhadap kondisi tubuh kita. Dan perlu diketahui bahwa dari sekian banyaknya faktor tersebut, ada satu yang paling berpengaruh dalam menjaga kesehatan tubuh. Faktor tersebut tidak lain adalah makanan. Jenis makanan apa yang masuk ke dalam tubuh, pola mengonsumsi makanan, ataupun keduanya, benar-benar menentukan kesehatan tubuh kita.


Baca Juga: Wow, Hasil Survei Tunjukkan Kalau WiFi Jauh Lebih Penting daripada Seks!


Mengingat semakin banyaknya jenis makanan baru yang muncul dimana-mana, sudah jelas semakin mempersulit langkah kita untuk tetap mempertahankan pola hidup sehat. Bahkan beberapa orang atau bahkan komunitas tertentu telah menerapkan pola makan yang nyeleneh dimana tidak sesuai dengan standar kesehatan. Inginnya memperbaiki kesehatan, tapi hasilnya malah merusak.

diet

Dari sekian banyaknya orang yang menerapkan beragam jenis pola makan nyeleneh tersebut, salah satunya yakni mereka yang meyakini bahwa cara hidup sehat adalah dengan cukup mengonsumsi buah-buahan saja. Mereka yang menerapkan pola ini dikenal sebagai fruitarian, alias orang yang hanya makan buah-buahan.


Baca Juga: 8 Kemampuan Manusia Ini Hilang Gara-Gara Teknologi, Lho!


Inna Wakeham (50), seorang fruitarian dari Inggris, mengaku bahwa sudah setahun dirinya hanya mengonsumsi buah, baik langsung dimakan maupun dijus. Ia bahkan tidak minum air putih hanya demi menjaga pola makan tersebut. “Menjadi fruitarian telah mengubah hidup saya. Saya merasa lebih muda dan cantik. Berat badan berhasil turun dan mood juga lebih baik,” ujarnya. Selain itu seorang wanita bernama Belinda White (46), menyatakan bahwa dirinya sudah sejak lama membiasakan dirinya mengonsumsi 20 buah setiap hari. Para fruitarian ini beranggapan bahwa pola makan yang diyakininya adalah cara hidup nenek moyang manusia yang menyehatkan. Namun benarkah demikian?

Buah-buahan memang salah satu jenis makanan yang sehat karena kandungan serat dan vitaminnya. Meski begitu, para ahli menyatakan bahwa mengonsumsi buah-buahan saja bukanlah hal yang baik. Terlebih lagi banyak jenis buah-buahan yang mengandung kadar gula tinggi.

fruitarian-diet

“Saya tidak merekomendasikannya. Pola makan ini bisa menyebabkan kurang gizi dan kelebihan serat bisa menyebabkan sakit perut. Mengganti air putih dengan jus buah juga berbahaya karena kandungan gula dalam jus sangat tinggi,” terang Anna Daniels, seorang ahli gizi. Menurutnya, penganut fruitarian bisa dipastikan kekurangan nutrisi, protein, kalsium, dan asam lemak yang sangat diperlukan tubuh. Konsumsi gula yang berlebihan juga bisa meningkatkan risiko kanker dan mengganggu produksi kolagen sehingga membuat kulit cepat kendur. Beberapa ahli gizi menuturkan bahwa penganut fruitarian sebenarnya mendapatkan manfaat bukan dari apa yang mereka makan, tapi jenis makanan yang mereka hindari.

So, tetaplah menjaga pola hidup sehat dengan mengonsumsi makanan yang gizinya seimbang, ya. Masih ingat dengan pelajaran 4 sehat 5 sempurna sewaktu SD?

SHARE

LEAVE A REPLY