YouTube Tambah Sistem Moderasi Komentar Untuk Atasi Spam, ini Caranya

YouTube Tambah Sistem Moderasi Komentar Untuk Atasi Spam, ini Caranya

507
YouTube Tambah Sistem Moderasi Komentar

Selama ini YouTube sudah memberikan fitur-fitur khusus kepada kreator untuk review dan moderasi komentar atas video yang telah mereka publikasikan. Yang kita kenal selama ini jika fitur komentar kita hidupkan untuk video yang bersifat publik adalah kita bisa menghapus, melaporkan dan menyembunyikan komentar.

Dengan asumsi bahwa video yang kita unggah adalah berkualitas, maka ketiga fitur moderasi tersebut sudah lebih dari cukup, karena orang juga enggan memberikan komentar yang tidak perlu atau bahkan komentar spam.

Sebaliknya, jika video tersebut kurang berkualitas bisa jadi akan dimanfaatkan oleh orang-orang nakal dengan menyebar spam berupa link ataupun hashtags. Terlepas dari kualitas video yang diunggah, selama tidak melanggar peraturan komunitas YouTube itu adalah kreasi yang patut dihargai karena sifatnya unik.

YouTube ternyata sangat peduli tentang adanya spam dan komentar yang mengandung link ataupun hastags, karena bisa sangat mengganggu. Terlebih lagi, spam tersebut sama sekali tidak ada korelasinya terhadap konten video yang dipublish.

Untuk itu YouTube resmi mengumumkan penambahan fitur moderasi video agar kreator bisa lebih mudah mengontrol komentar yang mengandung unsur spam links dan hashtags. Jika fitur ini diaktifkan, maka seluruh komentar di video yang mengandung link dan hashtags akan dimasukkan ke dalam kolom ‘Held for review’ di dalam menu ‘Community > Comments’. Disana pengguna bisa mengkaji komentar-komentar tersebut sebelum nantinya bisa memutuskan untuk menampilkan atau menghapusnya.


Baca Juga : Goodbye Haters, Instagram Kini Mampu Menghapus Komentar Jahat!


Seperti yang telah dijelaskan sendiri oleh YouTube melalui YouTube Help Forum anda bisa memanfaatkan fitur tersebut dengan mudah, caranya:

  1. Buka Creator Studio
  2. Pilih Community settings (Community > Community settings)
  3. Pada menu Block links, Centang ‘Automatically hold all new comments with URLs and hashtags for review’.

Perlu diingat bahwa pengaturan tersebut hanya berlaku setelah fitur ini ada. Jika di dalam video tersebut sudah ada komentar spam sejak dulu-dulu, maka anda harus mengontrolnya secara manual.

SHARE

LEAVE A REPLY