Yoghurt Terbukti Efektif Meningkatkan Kemampuan Otak!

Yoghurt Terbukti Efektif Meningkatkan Kemampuan Otak!

418
yoghurt

Kandungan probiotik pada yoghurt menjadi alternatif yang sangat berarti bagi para penderita demensia dan alzheimer. Sejumlah penelitian juga mendapati hasil yang positif terkait “zat ajaib” ini.

Kreasitekno.com – Semua orang tentunya mengenal yoghurt sebagai salah satu bahan yang sangat populer digunakan bebarengan dengan salad dan buah-buahan. Khususnya bagi orang-orang yang sedang menjalani diet, Yoghurt jelas menjadi salah satu primadona yang dijadikan sebagai metode alternatif untuk menurunkan berat badan. Namun jangan sampai salah ya, karena ada satu lagi makanan yang sekilas mirip dengan yoghurt, yaitu mayonaise. Karena terkadang beberapa orang awam agak kesulitan untuk membedakan keduanya sebab cirinya yang mirip, yakni bentuknya yang menyerupai krim dan rasanya agak masam.


Baca Juga: Ternyata, History Web-mu Bisa Digunakan Untuk Mendeteksi Penyakit Kanker Paru-Paru Lebih Dini!


Yoghurt merupakan susu hasil fermentasi yang melibatkan peran bakteri (Lactobacillus bulgaricus) dalam proses pembentukannya. Sedangkan mayonaise adalah salah satu jenis saus yang terbuat dari bahan utama minyak nabati, telur ayam dan cuka. Singkat cerita, minuman (atau mungkin makanan) ini sangat dianjurkan untuk menunjang kesehatan terutama dalam proses menjalani diet. Sebaliknya, mayonaise tidak dianjurkan dalam kesehatan dan tergolong jenis makanan yang “terlarang” untuk dikonsumsi bagi para pelaku diet karena mengandung kolesterol berbahaya bagi tubuh. Dari hasil penelitian yang muncul belakangan ini, para ahli mengklaim bahwa kandungan probiotik pada yoghurt sangat berperan dalam meningkatkan kemampuan otak, terutama pada memori.

cream-milk-yogurt-dessert-wallpapers-1024x682

Di dalam sebuah jurnal berjudul Frontiers in Aging Neuroscience, dilibatkan sebanyak 52 wanita dan laki-laki penderita demensia dengan rentang usia antara 60 sampai 90 tahun. Setengah dari jumlah total pasien diberikan dosis yoghurt yang mengandung empat jenis probiotik sehat, sementara sisanya mengonsumsi yoghurt biasa. Setelah kurang lebih 12 minggu, pasien yang rutin diberikan minuman hasil fermentasi dengan kandungan probiotik ini benar-benar menunjukkan perkembangan yang signifikan dalam tes memori. Peneliti memaparkan bahwa kandungan probiotik yang hidup di dalam yoghurt berperan besar dalam perkembangan otak sehingga mampu membuat penderita demensia dan alzheimer merasa lebih baik dalam hal mengingat, berhitung, memahami objek, mengulangi frase, dan menyalin gambar.

bacteria

“Ini adalah pertama kalinya probiotik telah terbukti bermanfaat bagi perbaikan kognisi pada manusia dengan penyakit demensia maupun alzheimer.” tutur Prof. Mahmoud Salami, pemimpin studi yang sebelumnya sempat membuktikan bahwa probiotik mampu menguatkan otak pada tikus.

Hasil penelitian ini akan membawa langkah yang besar dalam menyembuhkan penyakit demensia, terutama alzheimer dimana selalu menjadi “momok” bagi masyarakat karena dikabarkan masih belum ada obatnya.

SHARE

LEAVE A REPLY