WhatsApp Segera Akhiri Dukungan di Beberapa Ponsel Jadul, Berikut Daftarnya

WhatsApp Segera Akhiri Dukungan di Beberapa Ponsel Jadul, Berikut Daftarnya

686
WhatsApp Segera Akhiri Dukungan di Beberapa Ponsel Jadul

WhatsApp terkenal sebagai aplikasi chat multi-platform. Seiring dengan pengumuman resmi dari beberapa vendor OS yang menyatakan akan mengakhiri masa ‘jabatan’ sistem operasinya, WhatsApp mengimbanginya dengan tidak mendukung beberapa sistem operasi yang akan expired tersebut.

Beberapa hari yang lalu Blackberry resmi akan mengakhiri support terhadap Blackberry OS dan Blackberry 10 dalam waktu dekat. Windows juga demikian. Nah jika anda saat ini masih menggunakan beberapa smartphone jadul seperti yang tertulis dibawah, sebaiknya segera upgrade handset jika ingin menggunakan layanan perpesanan WhatsApp.

Berikut adalah daftar OS smartphone yang sudah tidak akan bisa menggunakan WhatsApp per 31 Desember 2017:

  • Blackberry OS
  • Blackberry 10
  • Windows Phone 8.0

Mengutip dari AndroidHeadlines, 27 Desember 2017, setelah waktu yang ditentukan, smartphone yang menggunakan OS di atas masih bisa mengoperasikan WhatsApp tapi tidak bisa menambah kontak baru ataupun melakukan re-autentikasi dengan nomor yang terdapat pada smartphone tersebut.

Untuk OS Android versi 2.3.7 (Gingerbread) ke bawah WhatsApp masih memberikan kesempatan hingga 1 Februari 2020 (sudah diumumkan WhatsApp lebih dulu pada bulan Juni 2017 kemarin). Nokia S40 diberikan perpanjangan waktu hingga 31 Desember 2018.

Keputusan WhatsApp untuk stop dukungan terhadap OS yang disebutkan di atas tak lain agar pengguna segera upgrade smartphone dengan OS yang lebih baru, karena WhatsApp sendiri ingin selalu menambahkan fitur baru di platform chatnya dan itu tidak bisa berjalan di OS versi lawas.

Sebagai contoh WhatsApp telah mengusung fitur Live Location pada bulan Oktober ini. Belum segudang fitur yang akan ditambahkan lagi yang sudah tercium tanda-tandanya di WhatsApp versi Beta. Pada tahun 2017 ini saja setidaknya ada 20 lebih fitur baru yang sudah roll-out baik untuk iOS maupun Android. Kemungkinan besar bakal ada fitur-fitur baru lagi yang menyusul kemudian hari.


Baca Juga BB10, BBOS dan Berbagai Layanan Blackberry Segera Pensiun


WhatsApp menegaskan pernyataanya di laman Frequently Asked Question (FAQ) bahwa sistem operasi lawas seperti yang disebutkan diatas sudah tidak selaras lagi dengan standar untuk pengembangan aplikasi di kemudian hari. Oleh sebab itu WhatsApp harus akhiri dukungan.

SHARE

LEAVE A REPLY