WhatsApp Luncurkan Fitur Lacak Lokasi Secara Real-Time

WhatsApp Luncurkan Fitur Lacak Lokasi Secara Real-Time

174
WhatsApp Luncurkan Fitur Lacak Lokasi Secara Real-Time

Akhirnya fitur ‘Share Location’ pada WhatsApp sekarang bisa dibuat real-time. Fitur ini merupakan tambahan atas fungsi ‘berbagi lokasi’ pada WhatsApp yang sudah ada sejak dulu yang sifatnya statis.

Sebenarnya kabar fitur tersebut sudah masuk dalam list WhatsApp Beta sejak beberapa bulan yang lalu (dan sudah bisa dijalankan jika anda mengikuti WhatsApp Beta Program). Walhasil, sekaranglah fitur tersebut baru akan dirilis untuk publik secara resmi.

Dijanjikan oleh WhatsApp, ‘live share location’ sudah akan aktif pada perangkat Android maupun iOS dalam waktu dekat tentunya bersamaan dengan jadwal update aplikasi selanjutnya.

Untuk memanfaatkan ‘live share location’ sangat mudah, seperti yang dijelaskan oleh WhatsApp sendiri melalui official sitenya. Anda bisa membagikan lokasi secara real-time kepada seseorang secara individu ataupun kepada sekelompok orang yang ada di group.

Pada kolom percakapan yang sudah dibuka, silahkan pilih menu “attach” (terletak disamping papan ketik) lalu pilih menu “Location”. Nah, ketika fitur ‘live share location sudah diaktifkan’ maka anda bisa melihat sebuah opsi, apakah ingin membagikan lokasi secara statis atau real-time.

Dengan begitu orang yang anda beri lokasi dapat melihat posisi anda secara real-time karena peta akan update sesuai dengan posisi anda saat ini menggunakan teknologi GPS. Soal berapa lama posisi anda bisa dilihat, ternyata juga bisa disetting sesuai dengan keinginan apakah itu 10 menit, 30 menit, 1 jam, 8 jam dan seterusnya.

Proses sharing lokasi tersebut dijamin keamanannya oleh WhatsApp karena menggunakan prosedur end-to-end encryption. Nah cukup menarik bukan?

Tapi, ini kan menggunakan teknologi GPS? Lantas bagaimana kalau terus dihidupkan? Apakah berpengaruh pada performa baterai?


Baca Juga Telegram Rilis Update Terbaru, Punya Fitur Share Lokasi Lebih Canggih


Nah terkait soal isu tersebut langsung dijawab oleh WhatsApp product manager Zafir Khan. Seperti yang kami dari Mashable, 18 Oktober 2017, bahwa WhatsApp telah memberi perhatian khusus dan membuat optimasi khusus sehingga dampaknya tidak terlalu serius terhadap performa baterai bahkan jika diaktifkan dalam waktu yang lama.

Meskipun ini berita yang cukup menarik bagi kalangan pengguna WhatsApp, namun aplikasi chatting seperti Snapchat, Telegram, dan Foursquare ternyata sudah lebih dulu memiliki fitur ‘live share locatiion’.

SHARE

LEAVE A REPLY