Virtual Reality Hadir di Browser Firefox Terbaru Dinamai Firefox 55

Virtual Reality Hadir di Browser Firefox Terbaru Dinamai Firefox 55

188
Virtual Reality Hadir Firefox

Mulai hari Selasa (8/8/2017) Firefox 55 sudah dirilis dalam versi pengembang (beta version) dan akan diluncurkan secara publik keesokan harinya. Firefox 55 adalah versi terbaru peramban open-source Firefox yang sudah mendukung virtual reality.

Dengan hadirnya VR, Firefox 55 siap dijajarkan dengan kedua browser kompetitor yang sudah lebih dulu memberi dukungan VR berbasis Web yaitu Chrome dan Edge. Ini adalah moment yang sangat tepat bagi Firefox untuk memberi dukungan tersebut. Bersamaan dengan update di berbagai elemen, kini Firefox 55 menawarkan kemudahan serta kenyamanan berselancar di Internet.

Pada bulan Juni kemarin Firefox sudah mengoprek perambannya dengan menambahkan aspek kecepatan. Sejak perubahan itu, berselancar dengan Firefox jadi lebih kencang.

WebVR Firefox 55 bisa dinikmati oleh semua pengguna OS Windows dengan headset VR HTC Vive ataupun Oculus Rift. Google Chrome yang lebih dulu meluncurkan WebVR tidak hanya mendukung kedua merek headset tersebut, tapi juga kompatibel dengan hardware besutan Google sendiri seperti Google DayDream dan Google CardBoard. Memang tidak bisa disangkal bahwa Chrome hingga saat ini adalah browser dengan WebVR terbaik yang pernah dirasakan. Pun demikian, nampaknya Firefox 55 tidak akan kalah ketinggalan.

Usut punya usut, ternyata Firefox bukan pertama kali merilis browser dengan WebVR. Lebih dulu ada Firefox Nightly yang sampai sekarang masih dalam tahap pengembangan sejak pengumuman pretamanya di tahun 2015.


Baca Juga Firefox Focus Jadi Trending Topik Browser Privat Untuk Android


Fitur lain yang akan ditambahkan pada Firefox 55 adalah Firefox Screenshots. Kalau selama ini kita bisa capture aktifitas browsing dengan bantuan aplikasi lain, maka Firefox 55 akan mempermudah semua itu. Screenshots bisa digunakan untuk mengambil sebagian ataupun keseluruhan gambar pada layar web browser yang kemudian secara otomatis akan disimpan dalam penyimpanan cloud. Masa penyimpanan bisa diatur minimal dalam dua minggu. Pengguna juga bisa menambah waktu penyimpanan lebih dari itu seperti yang mereka inginkan.

Jika anda sudah mempunyai gadget VR seperti yang disebutkan diatas, pada moment ini bisa langsung merasakan pengalaman VR dengan browser Firefox 55.

Sumber: theverge

SHARE

LEAVE A REPLY