Viki, Layanan AI dari Nokia Ini Bakal Saingi Cortana, Siri, dan Alexa!

Viki, Layanan AI dari Nokia Ini Bakal Saingi Cortana, Siri, dan Alexa!

248

Menyusul kawan-kawannya, Nokia merilis layanan digital assistant berteknologi AI bernama Viki. Bagaimana mekanismenya? Simak selengkapnya dalam ulasan berikut!

Kreasitekno.com — Setelah beberapa tahun “tenggelam”, Nokia akhirnya mulai kembali bersaing dengan merilis produk terbaru sebagai perkenalan yang dinamainya dengan Nokia 6. Tentunya Nokia “sadar” akan kesalahan yang membuatnya terpuruk sehingga tertinggal dengan saingan-saingannya seperti Samsung dan Sony yang kini berada di daftar teratas penjualan ponsel di seluruh dunia. Ya, Nokia akan menyematkan Android dalam produk-produknya agar bisa “diterima” di berbagai kalangan masyarakat.


Baca Juga: Nokia 6: Awal Mula Kebangkitan Kembali Ponsel Nokia?


Selain itu Nokia juga akan menambahkan teknologi tambahan, yakni Digital Assistant dimana pada prosesnya menggunakan artificial intelligence (AI) seperti halnya yang dilakukan Alexa dari e-commerce Amazon, Cortana besutan Microsoft, ataupun Siri buatan Apple. Mengingat saat ini AI sedang dikembangkan secara besar-besaran, maka tak heran sejumlah raksasa teknologi mulai menggunakan dan menyematkannya ke dalam produk-produk mereka, tidak terkecuali Nokia. Mantan vendor ponsel legendaris tersebut diketahui telah mengajukan trademark untuk pengembangan sistem kecerdasan buatan yang mereka beri nama “Viki”. Agaknya Nokia mengadopsi nama tersebut dari sebuah film scifi berjudul “I, Robot”. Karena di dalam film tersebut, diciptakan sebuah AI yang juga bernama VIKI.

viki-nokia

Berdasarkan informasi yang dirangkum dari Engadget pada Kamis (12/1/2017) lalu, Viki merupakan “asisten dengan pengetahuan digital yang mampu menggabungkan semua sumber data dalam satu obrolan dan antarmuka berbasis suara”. Disebutkan juga bahwa nantinya Viki akan bisa diterapkan dan digunakan secara massal pada perangkat mobile maupun situs jejaring. Selain itu, masih belum ada informasi lebih jauh mengenai performa yang bisa dilakukan oleh Viki. Seorang juru bicara mengatakan bahwa pihaknya telah mengajukan trademark atas Viki, namun hanya sebatas itulah informasi yang diberikannya.

“Kami tak berkomentar tentang kemungkinan atau waktu pemakaiannya di produk atau layanan Nokia,” tutur sang juru bicara.

nokia_blue_black_phones_31010_1366x768

Namun demikian, berdasarkan paparannya, Nokia tampaknya benar-benar akan mengikuti jejak perusahaan-perusahaan lainnya dimana menggunakan teknologi AI yang diterapkan pada layanan digital assistant untuk memudahkan pengguna. Dan Viki yang akan menjadi layanan AI besutan Nokia lewat antarmuka suara.

SHARE

LEAVE A REPLY