Update WhatsApp Beta Terbaru Bawa Fitur Picture-in-Picture

Update WhatsApp Beta Terbaru Bawa Fitur Picture-in-Picture

274
Update WhatsApp Beta Terbaru Bawa Fitur Picture-in-Picture

Pengguna WhatsApp kini semakin dimudahkan dengan hadirnya sederet fitur baru. Meskipun beberapa masih belum dirilis dalam bentuk siap saji, namun setidaknya kita bisa mencicipi fitur-fitur beta tersebut lebih awal dengan ikut menjadi WhatsApp beta tester program.

Di kanal beta Google Play kini sudah ada WhatsApp versi 2.17.265 yang dirilis beberapa hari kemarin seperti yang dirangkun dari Android Police, Senin (24/7/2017). Meskipun para beta tester masih disuguhi tampilan yang sama dengan fitur-fitur familiar, namun ada yang unik kali ini, yaitu fitur Picture-in-Picture. Fitur ini memungkinkan video call bisa dijalankan sambil chatting atau buka-buka menu WhatsApp lainnya. Dengan demikian, pengguna tetap dapat mengalihkan prioritas ketika sedang melakukan panggilan video seperti membalas pesan chat penting.

Sebelum adanya fitur ini (bahkan di Android Nougat), ketika anda sedang melakukan panggilan video, kemudian ingin membalas pesan chat, maka yang anda lakukan adalah mengetuk tombol kembali. Seketika, video call akan berhenti (freeze) dan tinggal suara saja. Nah dengan PiP, sewaktu anda mengetuk tombol kembali, video tidak akan di pause, melainkan ukurannya dikecilkan sehingga anda tetap bisa membalas pesan tanpa kehilangan gambar video.

Sayangnya, fitur PiP hanya bisa dijalankan di Android versi 8.0 (Android O) karena WhatsApp hanya menambahkan kode API ke Android itu. Kecuali WhatsApp membuat kode API lagi untuk Android versi lawas, maka PiP bisa dimanfaatkan lebih luas lagi.

Jika anda ingin mencoba fitur PiP di WhatsApp, maka smartphone anda harus sudah terinstal Android O versi Developer Preview. Bahkan Android O saja masih dalam tahap rencana perilisian yang dirumorkan pada bulan Agustus mendatang. Artinya, belum semua kalangan bisa memanfaatkan fitur PiP tersebut.


Baca Juga :


Lebih lanjut berbicara mengenai teknologi PiP, sebenarnya WhatsApp bukan pertama kali yang mengadopsi. Untuk aplikasi video call, sebut saja Google Duo yang telah menggunakan teknologi Picture-in-Picture sudah sejak beberapa bulan lalu. Kemudian ada Google Chrome, YouTube dan VLC Beta dan masih banyak yang lainnya.

SHARE

LEAVE A REPLY