UC Browser Tiba-Tiba Lenyap dari Play Store, Ada Apa?

UC Browser Tiba-Tiba Lenyap dari Play Store, Ada Apa?

417
UC Browser Tiba-Tiba Lenyap

Sepertinya UC Browser telah ditendang dari Google Play Store. Dini hari, web browser versi mobile ini lenyap begitu saja tanpa meninggalkan jejak setelah beberapa minggu lalu sempat menembus angka 500 juta download di Google Play.

Browser yang dikembangkan oleh UCWeb di bawah kendali perusahaan Alibaba Group ini sangat populer dan memiliki pengguna terbesar di wilayah India. Tak jarang orang menganggap bahwa UC Browser adalah peramban web alternatif terbaik setelah Google Chrome. Di India, UC Browser memiliki pangsa pasar hingga 50% dari semua total pengguna smartphone. Kenapa bisa menghilang begitu saja? Ternyata ada kisah menarik dibalik kejadian tersebut.

Awal kisah muncul dari laporan seorang netizen di Reddit, seperti yang dikutip dari AndroidAuthority, 15 November 2017. Pengguna Reddit tersebut memiliki teori menarik dibalik lenyapnya UC Browser.

Seperti rumor yang telah beredar selama ini, ada berbagai laporan terkait kecurangan UC Browser yang mencuat sejak bulan Agustus kemarin. UC Browser ternyata selama ini bertingkah nakal dengan mencuri data-data sensitif dari penggunanya. Data tersebut terlebih dahulu dikoleksi kemudian dikirim ke salah satu server di Cina secara remote. Parahnya, aktifitas tersebut sengaja dilakukan tanpa sepengetahuan pemakai.

Akibat adanya indikasi pencurian data tersebut, pemerintah India sangat serius menanggapi UC Browser dan mengecam aksi banned jika terbukti bersalah, seperti yang telah dipublikasikan oleh The Times of India. Sebelum kejadian ini, ternyata sudah banyak pihak yang menyoroti UC Browser dengan segudang celah yang dimilikinya. Pada tahun 2015, seorang peneliti asal Kanada mengklaim bahwa UC Browser sangat rentan dan berpotensi dalam mengekspos informasi penggunanya ke pihak lain.


Baca Juga Chrome Siapkan Sistem Baru Untuk Blokir Iklan


Sampai saat ini belum ada konfirmasi resmi baik dari Google maupun UCWeb terkait dengan lenyapnya aplikasi peramban web tersebut. Beberapa kali UCWeb menyangkal adanya tindakan keliru seperti pencurian data. Pun demikian, mulai hari ini ada banyak pihak yang mengunggah poster menanggapi isu tersebut di Reddit. Sebagian mereka malah mendorong ikut kecam UCWeb. Untuk versi sederhananya, UC Browser Mini masih eksis di Play Store.

SHARE

LEAVE A REPLY