Trend User Interface 2016 : UI/UX Android Comot Style iOS Template

Trend User Interface 2016 : UI/UX Android Comot Style iOS Template

509
ui ios 9 vs android m
ui ios 9 vs android m

KreasiTekno.com – Semenjak dari kemunculanya dulu, android memang menjadi sistem operasi terkuatsebagai penantang iOS yang lebih dulu muncul. Inovasi-inovasi dari mereka juga saling tikung tiap tahun ke tahun. Namun entah kenapa akhir-akhir ini android justru lebih terkesan menguntit gaya dari sang rival.
Kemunculan foto-foto Samsung Galaxy S7 dan LG G5 yang merupakan smartphone flagship terkini membuat kecurigaan ini semakin terbukti. Selain hardware dan fitur-fitur kelas atas yang mereka tawarkan, keduanya juga memiliki kesamaan User Interface yang aneh, yaitu tidak memiliki App drawer.

Tampilan android tanpa App Drawer membangun opini bahwa nantinya sistem operasi android N versi 7.0 bakalan dibangun tanpa adanya App Drawer. User Interface ini akan terlihat sangat mirip dengan milik iOS, dimana user dapat menemui jajaran ikon aplikasinya di halaman utama device.
Bagi para pecinta smartphone produksi negeri tirau bambu pasti tidak akan menemui masalah. Pasalnya produk-produk mereka mempunyai sistem operasi tanpa App Drawer. Contohnya Vibe UI pada Lenova, MIUI milik XIAOMI, FlymeOS andalan Meizu, serta sistem operasi ZTE, Nubia.

iOS 9 vs Android 6.0 Marshmallow
iOS 9 vs Android 6.0 Marshmallow

Namun bagi google sendiri, keberadaan App Drawer dalam sistem operasinya merupakan sebuah ciri yang ikonik. App Drawer sudah melekat pada android semenjak dari kemunculanya pertama kali. Hal ini akan membuat google (android) menjadi terkesan kehilangan jatidirinya dan semakin terlihat berkiblat pada gaya iOS dalam setiap desain produknya.

Kabar menghilangnya App drawer dari Android N versi 7.0 juga diperkuat dari video google terbaru mengenai google maps. Dalam video tersebut, aplikasi google maps menempati posisi di halaman utama smartphone berbarengan dengan aplikasi lain. Sementara ikon utama disisi bawah yaitu Call, Contact dan Camera tidak didampingi oleh App drawer.

SHARE

LEAVE A REPLY