Inilah 10 Topik Terpopuler di Google Indonesia Sepanjang Tahun 2016!

Inilah 10 Topik Terpopuler di Google Indonesia Sepanjang Tahun 2016!

492
dimas kanjeng topik terpopuler indonesia

Apa saja topik terpopuler dan informasi yang paling banyak dicari netizen Indonesia di sepanjang tahun 2016 ini? Yuk, simak selengkapnya dalam ulasan berikut ini!

Kreasitekno.com — Sebelum beranjak menuju tahun baru 2017, tak ada salahnya jika kita kembali menengok ke belakang dan melihat apa saja yang telah terjadi di sepanjang tahun 2016 ini. Dalam setahun ini, sudah lumayan banyak kejadian yang kerap menjadi topik terpopuler media berita dan bahkan beberapa media sosial. Melihat perkembangan teknologi yang terjadi belakangan ini, rupanya kesadaran masyarakat akan internet semakin besar. Dengan kata lain, masyarakat lebih banyak update informasi dan berita melalui media internet dibandingkan media cetak maupun televisi. Bahkan kini mereka tidak perlu repot-repot membuka link atau website khusus berita demi update peristiwa yang terbaru, karena di dalam laman media sosial favorit pun sudah cukup banyak menuangkan berbagai berita yang menjadi hot topic atau topik terpopuler di tengah masyarakat.


Baca Juga: Ahok Puncaki Daftar 10 Nama Terpopuler di Google Indonesia Sepanjang Tahun 2016


Di sepanjang tahun 2016 ini, netizen telah beberapa kali dipusatkan perhatiannya dengan sejumlah berita dan informasi yang menjadi bahan perbincangan di hampir seluruh lapisan masyarakat bahkan dunia internasional. Tentunya Google masih tetap menjadi primadona bagi masyarakat yang ingin mencari beberapa informasi yang sedang populer. Khususnya di Indonesia, ada sejumlah topik yang menjadi tren dan menduduki peringkat teratas sebagai topik yang paling banyak dicari para netizen.

topik terpopuler indonesia sarinah 2016

Berikut 10 peristiwa terpopuler yang paling banyak dicari netizen Indonesia dalam mesin pencari Google, sebagaimana yang dipaparkan pada acara Google Year in Search, Rabu (14/12/2016) lalu di Jakarta:

  1. Bom Sarinah
    2. Gafatar
    3. Kasus Dimas Kanjeng
    4. Harga rokok
    5. Kasus Yuyun
    6. Kasus Gatot Brajamusti
    7. Teman Ahok
    8. Penyergapan Santoso
    9. Reshuffle Kabinet
    10. Tax Amnesty

Berdasarkan daftar tersebut, kasus “Bom Sarinah”, “Gafatar”, dan “Dimas Kanjeng” menempati posisi tiga teratas sebagai topik yang paling banyak dicari masyarakat di Indonesia melalui media search engine Google. Kasus “ahok” tidak menduduki urutan pertama, bahkan topik hangat mengenai aksi bela agama yang fenomenal pun tidak masuk dalam daftar. Ada beberapa faktor yang memungkinkan hal ini bisa terjadi, salah satu diantaranya yakni waktu terjadinya kasus. Kedua berita tersebut terjadi dan “semakin memanas” di penghujung tahun, maka secara otomatis pendulangan angka pencarian kalah dengan beberapa kasus yang sudah menjadi “berita lama”.

topik terpopuler di indonesia google 2016 gafatar

Adapun selain peristiwa yang terjadi di dalam negeri, netizen Indonesia juga meluangkan waktu untuk update sejumlah informasi dan berita di ranah global. Dan berikut 10 topik berita internasional yang paling dicari oleh netizen Tanah Air:

  1. Panama Papers
    2. Supermoon
    3. Virus Zika
    4. Kudeta Turki
    5. Brexit
    6. Pemilu Amerika
    7. Penembakan Orlando
    8. Bom Madinah
    9. Flu Singapura
    10. Piala Oscar 2016

Topik mengenai Panama Papers yang menguak korupsi pejabat-pejabat di berbagai negara merupakan peristiwa internasional yang paling banyak di- googling. Disusul dengan “Supermoon”, dan “Virus Zika” yang menempati 3 urutan teratas.

Sayangnya topik yang membahas mengenai perkembangan yang terjadi dalam peperangan di Palestina, Aleppo, maupun pembantaian warga di Rohingya yang memakan jutaan korban tidak masuk dalam daftar di atas. Agaknya masyarakat Indonesia masih “kurang tertarik” dengan topik berbau peperangan dan SARA yang terjadi di luar sana. Bagaimana dengan pendapatmu?

 

SHARE

LEAVE A REPLY