Kini Jepang Memfasilitasi Toiletnya dengan Tisu Pembersih Ponsel!

Kini Jepang Memfasilitasi Toiletnya dengan Tisu Pembersih Ponsel!

484
toilet di jepang dilengkapi dengan tisu permbersih ponsel

Mulai dari penghangat hingga tisu pembersih ponsel. Toilet di Jepang benar-benar canggih, lho! Seperti apa? Simak saja ulasannya dalam artikel berikut!

Kreasitekno.com — Ada pepatah yang mengatakan bahwa “jika ingin menilai suatu rumah bersih atau tidak, maka lihatlah kamar mandi (toilet)-nya”. Rupanya pepatah tersebut memang benar-benar diterapkan dengan sangat baik dan bahkan mendapat perhatian khusus di Jepang. Sampai sekarang pun Jepang dikenal sebagai negara yang sangat perhatian dalam soal menjaga kebersihan.


Baca Juga: Tak Perlu Takut Ngompol, Gunakan Saja Fitur Terbaru Google Maps Ini!


Tidak hanya pandai merawat kebersihan dan keindahan seperti taman kota, jalanan, maupun tata letak bangunan, Negeri Sakura bahkan juga sangat berhati-hati menjaga kualitas toilet umum. Hal ini dapat dibuktikan dari berbagai usaha yang dilakukan oleh pemerintah Jepang dalam rangka memberikan kenyamanan semaksimal mungkin bagi pengguna toilet umum, seperti diantaranya yakni melengkapinya dengan teknologi canggih.

canggihnya toilet jepang

Pada beberapa tempat, kita akan menemukan toilet dengan dudukan yang dipasangi penghangat, dapat mengalirkan air dan udara hangat, otomatis terbuka saat ada orang masuk ke bilik, maupun yang bisa mengalunkan musik. Di sisi lain, ada beberapa toilet wanita yang bahkan dilengkapi dengan sebuah perangkat bernama Sound Princess. Perangkat ini berfungsi mengeluarkan imitasi suara flush untuk menutupi berbagai bunyi saat penggunanya sedang menuntaskan “panggilan alam”. Tak hanya itu, teknologi terkini yang ada dalam toilet umum ditunjukkan dengan hadirnya perangkat deodoran otomatis yang berfungsi menghilangkan bau tidak sedap saat digunakan pengunjung.

Jepang memang tidak main-main dalam urusan menjaga kenyamanan dan kebersihan fasilitas umum, termasuk toilet. Bahkan para turis yang berkunjung pun terkesan dengan kebersihannya. Belakangan ini, tepatnya pada bulan Desember 2016, pemerintah Jepang telah melengkapi fasilitas toilet umumnya dengan tisu pembersih ponsel yang baru dipasang oleh perusahan telekomunikasi Jepang, NTT Docoma. Fasilitas ini bisa ditemukan pada sejumlah toilet umum di aula kedatangan bandara Narita. Tepatnya ada sebanyak 86 bilik toilet yang sudah dilengkapi dengan fasilitas tisu pembersih khusus ini. Berdasarkan informasi yang dirangkum dari The Guardian, Minggu (25/12/2016), tisu pembersih ponsel ini akan terus disediakan di toilet bandara Narita hingga Maret 2017.

tisu pembersih ponsel docomo jepang

Pemasangan fasilitas tisu pembersih ponsel tersebut dilakukan bukan tanpa alasan. Banyak hasil riset yang mengutarakan bahwa layar ponsel yang kotor bahkan mengandung lebih banyak bakteri dibandingkan dudukan toilet. Jika demikian, maka bukan hal aneh jika fasilitas tersebut disediakan secara gratis bagi pengunjung. Hanya saja yang masih menjadi tanda tanya adalah mengapa fasilitas tersebut dipasang di toilet, bukannya di wastafel ataupun tempat lainnya. Bagaimana menurutmu?

SHARE

LEAVE A REPLY