Tiongkok Dirikan Kantor Polisi Berteknologi AI Tanpa Petugas

Tiongkok Dirikan Kantor Polisi Berteknologi AI Tanpa Petugas

161
Tiongkok Dirikan Kantor Polisi Berteknologi Tanpa Petugas

Mobil tanpa sopir sudah biasa. Pesawat tanpa awak sudah banyak dikembangkan. Lantas apa jadinya jika kantor polisi tak memiliki petugas ?

Bagaimana caranya agar urusan birokrasi dan administrasi bisa tetap berjalan? Nah belakangan ini dunia sedang ditakjubkan dengan rencana Tiongkok untuk mendirikan kantor polisi berteknologi artificial intelligent (AI) dan tanpa petugas! Semua urusannya akan dijadikan otomatis. Rencana ini selaras dengan misi Cina untuk menjadi yang terdepan dalam hal teknologi AI yang dicanangkan dapat membuka mata dunia pada tahun 2025.

Seperti yang sudah diduga, kantor polisi tersebut bukan sebagai pos jaga seperti pada umumnya. Namun kantor tersebut ditujukan terlebih untuk urusan administrasi tepatnya adalah kantor pembuatan Surat Izin Mengemudi.

Layanan yang diberikan serba otomatis melalui mesin simulator. Untuk proses identifikasi kantor tersebut dilengkapi dengan alat pemindai wajah yang super canggih besutan Tencent, seperti yang dikutip dari TheNextWeb, 14 November 2017. Karena tidak membutuhkan tenaga manusia, maka kantor ini akan buka penuh selama 7 hari 24 jam.

Memang masih banyak kendala yang harus diperhitungkan mengenai kantor polisi tak berawak tersebut, terutama ketika menyangkut urusan penegakan hukum.

Konsep yang dibuat tersebut ditujukan untuk memudahkan masyarakat dalam mengurus proses administrasi. Mereka tidak perlu duduk antri berlama-lama untuk mendapatkan hak atau menyelesaikan kewajiban administrasinya seperti mengambil nomor antrian, mengisi formulir, melengkapi dokumen persyaratan dan lain sebagainya.

Teknologi AI yang berperan dalam sistem sudah mengantongi semua data orang perorang, jadi pengenalan wajah saja sudah cukup mewakili semuanya. Dijelaskan bahwa teknologi tersebut menggunakan image recognition artificial intelligent.

Ini merupakan wujud keseriusan Cina dalam mengembangkan teknologi kecerdasan buatan. Tidak menutup kemungkinan, AI tersebut akan diperluas ke urusan birokrasi lainnya di pemerintah Cina setelah sukses diterapkan di kantor polisi urusan pembuatan SIM.

Baca Juga :

Jika kita mau membicarakan soal pengurusan surat ijin mengemudi, dapat dikatakan Cina adalah negara pertama kali yang memiliki sistem administrasi super kilat. Selain pengurusannya cepat, masyarakat tidak perlu bolak-balik karena setelah proses tersebut semua dokumen akan dikirim ke alamat pembuat SIM.

SHARE

LEAVE A REPLY