Terobosan Samsung Kembangkan Prosesor 4nm

Terobosan Samsung Kembangkan Prosesor 4nm

151
Samsung Kembangkan Processor 4nm

Berbicara tentang terobosan, Samsung adalah salah satu yang terdepan. Jika tahun ini Samsung sudah siap memasarkan prosesor 8 nm, tahun 2019 Samsung akan mengecilkan lagi ke 7nm dan terus bertahap hingga 4nm di tahun 2020 mendatang. Proses pembuatan ini akan dilakukan oleh pabrik asal Korsel tersebut dalam tajuk Lower Power Plus, dimana pengecilan ukuran processor tersebut dilakukan secara bertahap.

Pada praktiknya dalam teknologi pembuatan CPU, semakin kecil ukurannya berarti transistor yang digunakan juga semakin kecil. Transistor dengan ukuran kecil bisa lebih hemat daya, sementara performanya akan semakin cepat dan semakin tangguh.

Dalam proses tersebut tentu saja tidak mudah. Dikutip dari Phonearena, Senin (29/5/2017), Samsung akan menghadapi tantangan besar untuk mengecilkan bentuk processor dari 10nm ke 4nm. Pada saat ini processor yang banyak beredar di pasaran adalah yang berukuran 10nm. Kita bisa membayangkan betapa iritnya dan betapa kuatnya processor baru tersebut jika diaplikasikan ke dalam ponsel.

Perjalanan pabrikasi processor ini awalnya diumumkan dalam Samsung Foundry Forum, kemudian menyusul dalam pendirian Foundry Business Department selama reorganisasi yang dilakukan oleh Samsung Elektronics.

Kalau kita tidak ingin menanti lama-lama akan processor besutan Samsung ukurn 4nm di 2020, penggemar bisa mengikuti perkembangannya mulai dari 8nm yang akan segara diluncurkan akhir tahun 2017. Pocessor ini sudah dilengkapi dengan teknologi LPP (Low Power Plus). Sementara pada awal 2018 fans sudah bisa mencicipi processor berukuran 7nm yang sudah difabrikasi dengan teknologi EUV. Untuk seri 6nm rencananya akan dikeluarkan hampir bersamaan dengan processor 7nm di tahun 2018 dengan teknologi yang mirip.

Baca Juga :

Untuk processor 4nm akan dibuat dengan teknologi lebih canggih lagi yang dikenal dengan Multi Bridge Channel FET (MBCFET) atau Gate All Around FET (GAAFET). Hal ini diungkapkan oleh Kim Ki-nam seperti yang dikutip oleh Fudzill, Senin (29/5/2017) bahwa ini akan menjadi teknologi pertama kali yang diaplikasikan dalam processor ukuran 4 nano. Teknologi tersebut secara otomatis akan menggantikan arsitektur FinFET yang selama ini digunakan oleh Samsung.

Sumber: phonearena

SHARE

LEAVE A REPLY