Teknologi Hologram 2016 : Google Kembangkan Cermin Sebagai Gadget

Teknologi Hologram 2016 : Google Kembangkan Cermin Sebagai Gadget

472
google hologram
google hologram

KreasiTekno.com – Siapa yang tidak kenal dengan google ? Google adalah perusahaan raksasa asal Amerika yang bergerak di bidang teknologi khususnya di bidang jasa layanan dan produk yang berhubungan dengan internet. Banyak sekali produk yang telah diciptakan oleh perusahaan raksasa ini, diantaranya adalah mesin pencari informasi (search), web browser dan perangkat-perangkat teknologi canggih.
Google selalu memiliki terobosan teknologi baru yang awalnya terinspirasi dari sebuah film ataupun kehidupan sehari-hari. Penasaran dengan teknologi canggih apa yang sedang dikembangkan oleh google saat ini ? Berdasarkan informasi yang saya dapatkan, saat ini perusahaan raksasa tersebut sedang mengembangkan sebuah gadget yang berasal dari cermin. Langsung saja kita ulas bagaimana teknologi baru yang sedang dikembangkan oleh google tersebut.

Teknologi ini merupakan hasil pemikiran dari salah satu insinyur google yang bernama Max Braun. Walaupun dia belum secara resmi memberikan nama ke dalam teknologi ini, namun teknologi yang sedang dikembangkannya ini sudah banyak menjadi bahan pembicaraan masyarakat luas yang sering disebut dengan smart mirror.

Google Kembangkan Cermin Sebagai Gadget
Google Kembangkan Cermin Sebagai Gadget

Latar belakang penemuan cermin pintar ini adalah karena dia terinspirasi oleh sebuah film yang berjudul the 6th day. Setelah melihat sebuah adegan di dalam film tersebut, dia terpikirkan untuk membuat sebuah prototype cermin pintar yang dapat menampilkan informasi di dalamnya. Memang inspirasi tidak dapat diduga arah datangnya, bahkan seorang insinyur perusahaan raksasa sekelas google pun mendapatkan inspirasinya dari sebuah film.
Seperti yang telah dijelaskan olehnya bahwa bahan komponen pembentuk cermin pintar ini bisa didapatkan dengan mudah. Bahan-bahan pembentuknya antara lain Amazon Fire TV Stick, cermin dua arah dan panel controller yang dihubungkan menggunakan sistem operasi android. Dia juga menambahkan aplikasi google ke dalam cermin pintar ini yang memungkinkan untuk menampilkan informasi tentang cuaca, waktu atau jam dan RSS feed.

Braun mmendapatkan semua komponen yang dibutuhkannya untuk membuat cermin pintar ini melalui pemesanan di toko-toko online seperti Amazon dan Ebay. “Saya memesan sebuah cermin dua arah, panel display beserta kontroller boardnya dan beberapa komponen lainnya”, ujarnya.
Braun juga menambahkan bahwa sebenarnya cermin ini hanyalah cermin standar yang biasa digunakan untuk bercermin di kamar mandinya. Kemudian dia menambahkan beberapa komponen lain ke dalam cermin tersebut agar dapat menampilkan informasi kepada orang yang menggunakannya. Dengan ide luar biasa yang dimilikinya, dia telah berhasil mengubah sebuah cermin biasa menjadi sebuah benda yang lebih memiliki banyak kegunaan.
Dasar antarmuka yang digunakan di dalam cermin pintar ini berdasar pada antarmuka Google Now card, hanya saja tidak semua teks dan ikon yang ada ditampilkan berwarna. Ada sebagian teks dan ikon yang berwarna monokrom, kecuali ketika cuaca sedang mendung. Braun hanya menampilkan sedikit warna di dalam cermin pintar ini dengan tujuan agar pengguna tidak terganggu dengan hal tersebut ketika sedang bercermin.

Kedepannya Braun berencana untuk menambahkan fitur-fitur lain ke dalam cermin ciptaannya ini seperti kondisi lalu lintas, reminder dan beberapa informasi lain yang biasa kita jumpai di dalam Google Now card. Dengan penemuan semenarik ini sayangnya Braun tidak berencana untuk menjual hasil karyanya ini ke pasar. Dia hanya ingin memberikan inspirasi kepada perusahaan hardware lain serta alasan utama dia membuat cermin pintar ini adalah untuk memberikan informasi kepada dirinya sendiri sehingga dia lebih mudah dalam beraktivitas.

SHARE

LEAVE A REPLY