Teknologi Hacker Ini Digunakan Untuk Menjatuhkan Drone ISIS!

Teknologi Hacker Ini Digunakan Untuk Menjatuhkan Drone ISIS!

346

Jadi, teknologi seperti apa yang digunakan sehingga hacker mampu menjatuhkan drone dari langit?

Kreasitekno.com – Hacker memang selalu punya ide dan kreativitas di ambang batas. Seperti halnya perangkat baru ini yang membuat hacker mampu menjatuhkan drone dari langit. Sekitar seminggu lalu, para ‘hacker’ yang terdiri dari sekelompok peneliti memperkenalkan perangkat ini di Pacsec Security Conference, Tokyo.


Baca Juga: Wah, Baru Rilis Flybrix Drone Lego, loh! Tertarik Membeli?


Para peneliti tersebut menjelaskan bahwa drone radio kontrol memiliki kerentanan dalam sistem frequency-hopping system dan ini menjadi celah para hacker untuk menyadap kerja drone. Ini tak menutup kemungkinan akan ditemukan kelemahan lainnya.

Peneliti Terus Mencari Celah Keamanan Drone

Sebelumnya, workshop di U.S. Federal Trade Commission pernah mendatangkan para peneliti FTC. Pada workshop tersebut, mereka dapat mengambil alih 3 drone dengan kendali yang berbeda. Mereka dapat merebut pengendalian kamera dari masing-masing drone dan menjatuhkan 2 di antaranya.Hacker Mampu Menjatuhkan Drone dari Langit

Peneliti FTC sendiri telah mendemokan bagaimana mereka mengambil alih drone pada tahun 2010. Untuk langkah awal, mereka telah melakukan pencegahan dengan enkripsi control link dan ketepatan GPS. Hal ini memang sangat diperhatikan oleh pemerintah Amerika, Gengs, pasalnya mereka menilai penggunaan drone bisa untuk ketahanan negara, gitu. Jadi, harus dicegah sedini mungkin untuk kemungkinkan pembajakan.


Baca Juga: Lihat Mobil Autopilot Tesla Model S Diuji di Jalanan Jakarta! (Video)


Walau Tidak Dijual Bebas di Pasaran, Polisi Dapat Menggunakannya

Jangan kira perangkat ini tidak memiliki nilai positif, ya. Walaupun tidak dijual bebas, rupanya polisi memiliki akses untuk menggunakannya. Penggunaannya sebatas untuk mengganggu penerbangan drone ISIS yang hendak mengebom para Kurdi. For your information, Kurdi ini adalah sebuah kelompok etnis di Timur Tengah, yang sebagian besar menghuni di suatu daerah yang kemudian dikenal sebagai Kurdistan, meliputi bagian yang berdekatan dari Iran, Irak, Suriah, dan Turki.

Penasaran dengan bagaimana cara kerja perangkat ini? Yuk, simak video di bawah:

Gimana, Gengs, paham kan dengan videonya? Wah, kini, hacker mampu menjatuhkan drone dari langit, kamu udah mampu juga, belum?  😆

SHARE

LEAVE A REPLY