Tabel Periodik Terbaru, Ada 4 Unsur Kimia Baru di Logam Berat

Tabel Periodik Terbaru, Ada 4 Unsur Kimia Baru di Logam Berat

6109
tabel periodik terbaru kimia

Tabel periodik terbaru telah diresmikan setelah IUPAC (Union of Pure Applied Chemistry) meresmikan empat unsur logam berat yang ditemukan baru-baru.

Kreasitekno.com — Setelah lima bulan peninjauan, akhirnya ahli kimia IUPAC (Union of Pure Applied Chemistry) meresmikan nama dan simbol unsur tersebut. Empat unsur tersebut merupakan elemen superberat  113, 115, 117 dan 118 yang diusulkan oleh penemu unsur-unsur  tersebut dan siap untuk mengisi tabel periodik terbaru. Unsur-unsur tersebut tidak terbentuk secara alami di alam, sehingga mereka harus diciptakan di laboratorium, demikian juga unsur berat lainnya dengan nomor atom 104-120.

gambar tabel periodik terbaru kimia SMA Indonesia

Berikut nama – nama yang akan mengisi dalam tabel periodik terbaru:

  • Unsur 113: nihonium (Nh)
  • Unsur 115: moscovium (Mc)
  • Unsur 117: tennessine (Ts)
  • Unsur 118: oganesson (Og)

iupac

Penamaan unsur baru ini berdasarkan tempat, wilayah atau ilmuwan sebagai penghormatan. Hal ini memang mengikuti tradisi. Penamaan diakhiri dengan protokol spesifik terkait penempatan masing-masing untuk mengisi tabel periodik terbaru. Sebelumnya pada awal tahun ini, IUPAC telah mengumumkan bahwa keempat unsur ini akan menempati tabel periodik, meskipun unsur-unsur ini belum bernama. Setelah beberapa bulan kemudian, pada bulan Juni, IUPAC mengumumkan nama-nama baru, tetapi hal ini belum final.


Baca Juga: Ini Lho, 10 Makanan Dengan Kandungan Vitamin K Tertinggi!


Para ilmuwan RIKEN Nishina Center for Accelerator-Based Science di Jepang telah mengusulkan nama unsur dari empat unsur baru, Nihonium. Nihon merupakan salah satu cara pengucapan “Jepang” dalam bahasa Jepang sendiri yang memiliki arti “negeri matahari terbit”. Kosuke Morita dan rekan-rekannya berhasil membuat unsur yang sulit dipahami ini pada 12 Agustus 2012, setelah menabrakkan inti seng bersama dengan lapisan tipis bismuth.

periodic-table

Menurut pendapat Cleveland Evans, profesor psikologi Bellevue Unviersity di Nebraska, selisih waktu lima bulan dimaksudkan agar publik mendapat kesempatan untuk memberi saran tentang nama-nama unsur. Dengan pertimbangan bahwa nama-nama ini akan digunakan di seluruh dunia, dalam banyak bahasa. Nama unsur 115 dan 117 diusulkan oleh penemu mereka di Joint Institute for Nuclear Research di Dubna, Rusia; Oak Ridge National Laboratory di Tunisia; Vanderbilt University di Tunisia dan Lawrence Livermore National Laboratory di California. Kedua unsur tersebut, moscovium dan tennessine. Terlihat dari penamaannya merupakan pengormatan pada wilayah eksperimen. Untuk unsur 118 Oganesson, merupakan bentuk penghormatan pada ilmuwan Yuri Oganessian atas jasanya sebagai perintis penelitian unsur superberat ini.

sumber

SHARE

LEAVE A REPLY