Spokata Sajikan Cara Unik ‘Membaca’ Berita Via Audio Streaming

Spokata Sajikan Cara Unik ‘Membaca’ Berita Via Audio Streaming

137
Spokata Sajikan Cara Unik

Mudahnya update berita  melalui internet tak lantas bisa membuat semua orang melek berita. Kendala hampir semua orang sama yaitu keterbatasan waktu ditengah-tengah sibuknya hari kerja.

Untuk seorang Zack Sherman, pendiri sekaligus CEO Spokata.com, kondisi tersebut tampakknya menjadi peluang tersendiri. Tak heran kalau Spokata adalah satu-satunya platform news saat ini yang menyajikan konten berita paling unik berbentuk audio streaming.

Spokata bisa dinikmati melalui aplikasi (iOS) maupun website (desktop & smartphone). Platform tersebut memuat lebih dari 100 sumber berita digital seperti The Guardian, Bloomberg, BBC dan situs-situs berita besar lainnya. Intinya, Spokata akan merangkum inti berita tersebut dan disajjikan sudah dalam bentuk audio. Anda tinggal tap ‘play’ dan otomatis mesin akan membacakan intisari berita tersebut.

Bagi anda yang tidak sempat membaca berita dalam bentuk teks karena keterbatasan waktu, maka Spokata merupakan altenatif paling anyar yang wajib dicoba. Anda bisa menikmati seluruh konten Spokata secara gratis tapi dengan satu syarat, yaitu memiliki English listening skill karena kebanyakan sumber beritanya ditulis dalam bahasa Inggris.

Melihat cara kerjanya, Spokata memang unik. Seperti yang diterangkan sendiri oleh sang CEO, seperti dikutip dari DigitalTrend, 29 Oktober 2017, bahwa Spokata menggunakan sebuah teknologi yang bernama ‘summarization algorithm’. Algoritma tersebut mampu membaca berita dalam bentuk teks yang telah dipublikasikan oleh situs-situs berita kemudian dipadatkan (dirangkum) hingga 80% – 90%. Setelah didapatkan intisarinya kemudian disajikan lagi dalam bentuk audio. Walhasil, rangkuman berita tersebut sangat menarik, pendek, padat dan berisi.

Dari sisi teknisnya cara kerja tersebut memang berbentuk ‘text-to-speech’, tapi jangan salah, pengisi suara yang membacakan berita di Spokata sangat mirip dengan suara manusia. Jadi gaya bahasanya sangat mudah dipahami.


Baca Juga Banyak Berita Palsu di Sosmed, Berikut Cara Cek Keasliannya


Pengguna iPad dan iPhone dapat menggunakan Spokata melalui aplikasi yang tersedia di iTunes. Pun demikian pengguna android dan desktop juga bisa menikmatinya melalui Spokata versi web. Melalui aplikasi iOS pengguna dimanjakan dengan sederet fitur menarik termasuk playlist dan filter berita berdasarkan kategori tertentu. Ada juga kategori ‘Daily Briefing’ yaitu bagian dimana anda bisa mendengarkan semua berita yang sedang ngetren hari ini dari seluruh dunia.

SHARE

LEAVE A REPLY