Speedtest Sediakan Data Peringkat Kecepatan Internet Global Update Setiap Bulan

Speedtest Sediakan Data Peringkat Kecepatan Internet Global Update Setiap Bulan

378
Speedtest Sediakan Data Peringkat Kecepatan

Speedtest sudah sejak lama digunakan oleh masyarakat global untuk uji kecepatan internet. Kini Speedtest memiliki satu fitur lagi yaitu Speedtest Global Index. Fitur tersebut mempublikasikan peringkat kecepatan internet secara global berdasarkan data yang di-update bulanan.

Sekarang lebih mudah mengetahui negara mana yang memiliki kecepatan tertinggi atau memantau secara berkala perubahan kecepatan internet yang mereka miliki. Ranking atau peringkat yang bisa dilihat termasuk speed internet berbasis mobile dan fixed broadband.

Kira-kira Indonesia masuk peringkat berapa ya? Untuk yang satu ini lebih baik tidak berhadap banyak, karena setelah kami lihat datanya, Indonesia berada di urutan ke 99 per bulan Juli 2017 untuk kecepatan internet berbasis mobile dengan kecepatan download rata-rata sebesar 10.32 Mbps.

Untuk kecepatan fixed broadband sendiri, Indonesia masuk ke rangking 89 dengan kecepatan download rata-rata 13.30 Mbps. Per bulan Juli 2017 peringkat tertinggi di jalur fixed broadband masih dipegang oleh negara Singapura dengan kecepatan download rata-rata 154.38 Mbps. Di jalur mobile, ada negara Norwegia dengan kecepatan download 52.59 Mbps.

Meskipun Speedtest bukan satu-satunya alat pengukur kecepatan internet, namun fitur-fitur yang disajikan cukup berguna. Untuk mengetahui ranking kecepatan internet secara global anda bisa langsung mengakses mengakses url www.speedtest.net/global-index.

Pada panel sebelah kiri ada kecepatan internet suatu negara berdasarkan platform mobile. Di sebelah kanan anda bisa mengetahui kecepatan internet suatu negara berdasarkan jaringan fixed broadband. Untuk mengetahui detail kecepatan internet baik untuk upload maupun download negara tertentu anda bisa langsung klik nama negara tersebut.


Baca Juga 10 Negara dengan Kecepatan Internet Rata-Rata Tertinggi di Dunia


Fitur Speedtest Index Global merupakan tambahan pengukur kecepatan internet secara lokal yang langsung bisa diakses dari laman utama Speedtest.

Nah jika anda sedang berada di jaringan internet publik, tool seperti ini dapat membantu mengetahui kecepatan internet yang ada sebelum anda melakukan aktifitas surfing, upload maupun download. Speedtest selain menyajikan speed test versi desktop juga tersedia aplikasinya untuk Windows Mobile, Android dan iPhone.

SHARE

LEAVE A REPLY