Armageddon? Amerika Serikat Deteksi Sebuah Asteroid Raksasa Yang Akan Menabrak Bumi!

Armageddon? Amerika Serikat Deteksi Sebuah Asteroid Raksasa Yang Akan Menabrak Bumi!

922
neo armageddon

Strategi untuk berurusan dengan Asteroid telah dirilis oleh pihak gedung putih, apakah Armageddon dalam dunia nyata akan terwujud?

Kreasitekno.com — Setelah sekian lama, akhirnya para peneliti mulai mengkhawatirkan akan nasib umat manusia ketika berhadapan dengan potensi kiamat yang berasal dari serangan meteor ataupun tabrakan asteroid. Hal ini nyata, bukanlah sci-fi lagi kawan. Karena hal ini, dibutuhkan strategi untuk berurusan dengan Asteroid. Jangan salahkan jika Armageddon versi nyata akan terwujud beberapa tahun kedepannya.


Baca Juga: Inilah KITE, Alat Pembersih Sampah Luar Angkasa Buatan Jepang!


Teknologi manusia kini sudah mulai mumpuni dalam mendeteksi benda asing, tetapi hanya sekitar beberapa minggu sebelum benda tersebut sampai menabrak bumi. Beruntungnya sampai saat ini, belum ada benda asing yang cukup besar yang akan menabrak kita, tapi bagaimana jika dalam beberapa bulan kedepan hal itu terjadi?

neo armageddon

Akhirnya Gedung Putih telah merilis detail strategi untuk berurusan dengan Asteroid dengan judul “National Near-Earth Object Preparedness Strategy“. Yah, hal ini bukan script dari sebuah film, tapi hal itu benar–benar nyata! Dokumen tersebut dikembangkan oleh Interagency Working Group for Detecting and Mitigating the Impact of Earth-bound Near-Earth Objects (DAMIEN), dan dipublikasikan bulan kemarin oleh White House Office of Science and Technology Policy. Dokumen tersebut lebih fokus dalam meningkatkan kesiapan umat manusia untuk mengatasi bahaya akan “Near-Earth Object” (NEO) dengan meningkatkan integrasi aset nasional dan internasional yang ada dan menambahkan kemampuan penting yang saat ini kurang. Penasarakan akan strateginya? Berikut adalah strateginya.

  1. Meningkatkan deteksi, tracking dan kemampuan menganalisa NEO. Tahap pertama adalah mengembangkan teknologi dalam mendeteksi NEO, seperti Minor Planet Centre, dan sistem peringatan milik NASA Scout.
  2. Mengembangkan metode untuk memiringkan, mengganggu atau bahkan menghancurkan NEO. Yah, seperti pada film Armageddon, dan bersiap siap untuk mendaftar sebagai astronot.
  3. Meningkatkan permodelan, prediksi dan informasi dampak dari tabrakan NEO. Tujuan utamanya sudah jelas, mengetahui apakah yang akan menabrak kita, dan bagaimana nanti kerusakan yang akan ditimbulkan jika hal tersebut menabrak kita.
  4. Mengembangkan prosedur darurat ketikan akan terjadi tabrakan dengan NEO. Apa yang harus dilakukan ketika mendeteksi NEO.
  5. Mengembangkan prosedur respons dan pemulihan setelah tabrakan dengan NEO. Pilihan seperti membuat pilihan terakhir ketika tak terhindarkan, seperti membuat bunker kiamat, atau pergi meninggalkan bumi misalnya?
  6. Persatuan dan support dari kerjasama dunia international. Ketika bencana besar akan melanda dunia, ini lah perdamainan di muka bumi bisa terwujud, yah semoga saja tanpa hal itu perdamaian bisa cepat tercapai.
  7. Membangun protokol koordinasi dan komunikasi di ambang pengambilan tindakan. Hal ini menyangkut langah pertama penyebaran komunikasi mengenai NEO, bagaimana pesan disampaikan untuk publik dan media masa. Protokol ini juga akan membantu AS dalam memutuskan tindakan mengenai asteroid, atau menerima dampak dari tabrakan asteroid.

neowise20160405-still

NEO di sini dalam artian asteroid, metoer ataupun komet yang memiliki orbit yang cukup dekat dengan orbit bumi. Bisa berukuran satu meter saja atau bahkan beberapa kilometer di mana ukuran tersebut yang membuat dinosaurus punah. The Planetary Society memperkirakan kita masih mendeteksi sekitar 60% dari total keseluruhan NEO yang lebih besar dari 1,5km. Grapik dibawah diambil dari dokumen gedung putih mengenai banyak NEO yang telah diketahui dibandingkan dengan perkiraan seluruh NEO yang ada.


Baca Juga: Ilmuwan Baru Saja Menemukan Bulan Kedua milik Bumi?!


Yah, semoga dengan strategi untuk berurusan dengan Asteroid atau NEO, bisa mengatasinya dengan meminimalkan korban.

SHARE

LEAVE A REPLY