Siap Sambut Fitur Dark Theme di Aplikasi YouTube Android

Siap Sambut Fitur Dark Theme di Aplikasi YouTube Android

643
Fitur Dark Theme di YouTube Android

Di saat-saat tertentu seperti dalam lingkungan pencahayaan redup atau ruangan gelap, nonton YouTube menggunakan dark theme memang sangat nyaman. Sayangnya fitur tersebut hanya bisa kita nikmati melalui YouTube versi web.

Nah, beberapa hari yang lalu sebuah situs bernama 9to5Google (12/1/2018) telah menemukan adanya rencana updrage menarik seputar aplikasi YouTube untuk Android.

String atau indikasi yang terkuak dalam aplikasi versi 13.0 tersebut meliputi penambahan fitur Dark Theme, incognito mode, Swipe to skip ads, toggle Autoplay terpisah. Pun demikian, 9to5Google menegaskan bahwa semua indikasi tersebut terungkap melalui proses dekompilasi. Beberapa kode didapatkan dan menyatakan akan kemungkinan upgrade tersebut. Dengan kata lain, semua indikasi tersebut bisa lanjut diterapkan oleh Google ke aplikasi versi selanjutnya atau ditarik kembali (tidak jadi rilis).

Fitur Dark Theme sudah cukup jelas fungsinya, yaitu untuk meningkatkan kenyamanan. Selanjutnya adalah incognito mode. Fitur ini memungkinkan kita untuk melakukan aktifitas atau pencarian di YouTube tanpa meninggalkan jejak seperti halnya ketika melakukan browsing dengan mode penyamaran (incognito mode) di Chrome.

Jika kita browsing melalui mode penyamaran di Chrome semua history, informasiĀ  yang dimasukkan dalam formulir, cookie dan data situs tidak direkam. Begitulah kira-kira gambaran incognito mode yang akan diusung dalam aplikasi YouTube versi Android.

Kemudian ada juga kode dengan string yang menunjukkan kata-kata Swipe to skip ads (usap untuk lewati iklan). Nah, ini sangat menarik pasalnya untuk saat ini ketika kita ingin lewati iklan sebelum video mulai streaming, kita harus tap pada kolom yang ada di pojok kanan bawah. Kedepan tidak perlu repot-repot klik atau tap, tapi cukup usap layar saja. Semoga fitur ini benar-benar dibawa oleh update selanjutnya, mengingat fungsinya yang cukup penting.


Baca Juga IDM Youtube Tidak Muncul? Begini Caranya!


Terakhir yang diungkap adalah adanya restruktur toggle Autoplay. Jika sekarang menu tersebut diletakkan tepat di bawah pengaturan General, maka untuk selanjutnya akan dipisah. Adakah fitur baru di dalam Autoplay? Kita lihat saja nanti.

SHARE

LEAVE A REPLY