Review Shadowverse: Game Duel Kartu Buatan Jepang Yang Unik

395
SHARE

Jika kamu suka game duel kartu seperti Yu-Gi-Oh! Duel Links, maka kamu harus mencoba game yang satu ini: Shadowverse!

Kreasitekno.com – Ada lumayan banyak game duel kartu atau CCG (Collectible Card Game) yang dirilis untuk iOS dan Android saat ini. Setiap game tersebut selalu menawarkan keunikan tersendiri dalam gameplay-nya. Sebut saja, seperti Yu-Gi-Oh! Duel Links yang baru saja rilis untuk Global bulan lalu, menawarkan duel kartu Yu-Gi-Oh! klasik dengan mekanik turbo duel yang unik—serta kesan nostalgia yang kental. Nah, jika kamu merasa bosan dengan Duel Links atau ingin mencari game serupa, maka kamu bisa mencoba: Shadowverse.


Baca Juga: Fakta Yu-Gi-Oh: 12 Hal Yang Mungkin Tidak Kamu Ketahui dari Serial Yu-Gi-Oh!


Shadowverse adalah game duel kartu yang dikembangkan oleh developer asal Jepang, Cygames (Rage of Bahamut). Game ini hampir mirip dengan Duel Links dalam beberapa aspek. Bedanya, game ini membatasi jumlah kartu yang dimainkan setiap giliran dengan Play Point. Play Point setiap pemain dimulai dengan 1 poin dan akan bertambah 1 setiap giliran berikutnya hingga 10 poin.

Fitur Evolve Yang Unik

fitur evolve shadowverse review bahasa indonesia

Dalam game ini, sebutan untuk kartu monster adalah follower. Tentunya, setiap follower di sini memiliki efek yang unik dan berbeda-beda. Oh, dan satu hal yang membuat Shadowverse sangat unik adalah fitur Evolve, dimana setelah beberapa giliran, kamu bisa mengupgrade follower-mu dan menambahkan Attack/Defense-nya atau bahkan memberinya efek. Evolve sendiri dibatasi untuk setiap pemain: 2 untuk pemain giliran pertama, dan 3 untuk pemain giliran kedua.

Selain follower, game ini juga dilengkapi dengan spell dan amulet. Perbedaan mendasar dari spell dan amulet adalah: spell hanya aktif sekali sementara amulet lebih dari sekali—hampir mirip dengan spell normal dan continous dalam Yu-Gi-Oh!.

Craft Menawarkan Gaya Permainan Yang Berbeda-Beda

shadowverse review luna bahasa indonesia link download

Dan seperti Duel Links, Shadowverse juga menawarkan berbagai macam karakter. Bedanya, setiap karakter memiliki perbedaan yang mencolok pada gaya permainan atau disebut craft. Misalnya, jika kamu bermain menggunakan Arisa yang memiliki Forestcraft, memiliki gaya permainan dimana kartu-kartunya memiliki efek tambahan setelah kamu menggunakan dua kartu atau lebih. Kartu-kartu dalam forestcraft sendiri low cost/menggunakan play point dalam jumlah rendah sehingga kamu bisa swarming, memenuhi arena dengan follower.


Baca Juga: 5 Karakter Cewek Paling Cantik dalam Game Final Fantasy


Ada berbagai macam mekanik lainnya yang bisa kamu eksplorasi dalam game ini: Overflow milik Rowen pada Dragoncraft yang aktif setelah kamu memiliki 7 play poin dan dapat meningkatkan Attack/Defend dari follower, Shadow Points milik loli bernama Luna pada Shadowcraft yang akan bertambah jika follower-mu mati dan mengaktifkan efek Necromacy dari follower, dan masih banyak lagi. Dari semuanya, mungkin Vengeance milik Urias dari Bloodcraft yang cukup berguna dalam permainan karena efek-nya yang aktif ketika karakter/Leader memiliki 10 defence ke bawah.

Dilengkapi Dengan Story Yang Menarik

shadowverse story review

Shadowverse dilengkapi dengan story yang menarik dari setiap karakter. Tentu saja hal ini sangat unik, mengingat banyak game CCG lain tidak memiliki story sama sekali. Setiap karakter yang ada memiliki story atau route sendiri-sendiri dan sejauh ini, ada 10 Chapter yang bisa dimainkan dari setiap karakter.

Tampilan Efek Yang Memukau

Game ini memiliki interface yang sederhana dan mudah dipahami dengan tampilan yang memukau ala anime karena dikembangkan oleh developer Jepang. Visual para karakter yang memukau lengkap dengan voice acting-nya membuat game ini begitu hidup. Belum lagi, arena tempat bermainnya menggunakan arena 3D. Lalu, kartu-kartunya juga memiliki art yang indah dan beberapa bisa bergerak. Semua itu, dipadu dengan musik yang enak didengar, membuat Shadowverse menjadi game yang sangat menarik. Rasanya, sulit untuk bosan memainkan game ini.

Kesimpulan

karakter shadowverse

Shadowverse adalah game duel kartu/CCG dengan tampilan yang memukau dan gameplay yang sangat unik dibandingkan dengan game lain. Jika kamu gemar bermain CCG, maka game ini tidak boleh kamu lewatkan. Oh, dan lagi game ini free to play alias gratis, lho!

Shadowverse kini bisa kamu mainkan di iOS dan Android.

Link Download Shadowverse (iOS)

Shadowverse CCG
Developer: Cygames, Inc.
Price: Free+

Link Download Shadowverse (Android)

Shadowverse CCG
Developer: Cygames, Inc.
Price: Free+

LEAVE A REPLY