Kini Kamu Nggak Bakalan Jatuh Saat Naik Sepeda Motor Honda!

233
SHARE

Tak perlu lagi takut jatuh saat mengendarai sepeda motor! Apalagi kalau pakai teknologi terbaru buatan Honda ini!

Kreasitekno.com – Meski mengendarai sepeda motor lebih cepat daripada mengendarai mobil, mengendarai sepeda motor jauh lebih menguras tenaga. Apalagi kalau mengendarai motor di jalanan Indonesia yang sangat padat: kita lebih sering berhenti daripada jalan. Belum lagi, mengendarai motor juga perlu selalu menjaga keseimbangan agar tidak jatuh. Nah, sebentar lagi hal itu akan berubah, karena Honda kini tengah mengembangkan teknologi baru: Riding Assist.

Beberapa hari yang lalu, pada even Consumer Elctronics Show di Las Vegas, Honda memamerkan teknologi Riding Assist-nya ini. Teknologi ini akan membuat roda depan bergerak secara otomatis, memposisikan agar motor tetap seimbang. Selain tetap seimbang, Riding Assist ini juga dilengkapi dengan alat yang bisa digunakan untuk menentukan rute yang ingin dilewati. Dengan alat ini pula, tampaknya Honda akan mengaplikasikan pengemudian secara otomatis layaknya mobil Tesla Model S yang beberapa hari lalu dicoba di Jakarta.

Teknologi untuk menyeimbangkan kendaraan roda dua sebenarnya bukanlah sesuatu yang baru. Perusahaan Jepang seperti Murata Manufacturing dan perusahaan lain sebelumnya sudah membuat teknologi serupa yang mengandalkan Giroskop. Nah, bedanya Riding Assist buatan Honda ini tidak menggunakan Giroskop sehingga tidak menambah berat kendaraan yang nantinya mempengaruhi pengendaraan.


Baca Juga: Cukup Dengan Berbicara, Alat Ini Akan Terjemahkan Ucapanmu ke 4 Bahasa Yang Berbeda!


Riding Assist ini sendiri meminjam teknologi penyeimbang dari kendaraan prototype Honda, Uni-Cub. Oh, dan teknologi ini juga sebelumnya pernah digunakan untuk robot humanoid Asimo supaya bisa berdiri tegak, lho!

sepeda motor honda self riding assist uni cub
Uni-Cub buatan Honda

Sampai saat tulisan ini dibuat, belum ada konfirmasi apakah teknologi ini akan dirilis di pasaran. Meski begitu, Honda mengatakan bahwa menerapkan teknologi baru ini pada sepeda motor yang ada bukanlah sesuatu yang sulit. Yah, kita tunggu saja kabar berikutnya.

Menurut pihak Honda, Riding Assist ini nantinya bisa digunakan untuk berjalan dengan kecepatan rata-rata  5 km/jam. Terdengar sangat lambat, tetapi teknologi ini sangat berguna jika digunakan di jalan raya yang macet dan padat kendaraan—terutama seperti kota Jakarta, bukankah begitu?

Sumber: PCWorld

LEAVE A REPLY