Semangat Tak Gentar Membangun Indonesia Dengan 1000 Startup #1000StartupDigital

Semangat Tak Gentar Membangun Indonesia Dengan 1000 Startup #1000StartupDigital

412
1000 Startup Digital
1000 Startup Digital ref: 1000startupdigital.id

KreasiTekno.com – 1000 Startup Digital, yap begitu sebutan itu didengar seketika merinding dan mengharuskan aku berfikir 2 kali untuk mendaftar 1000StartupDigital yang dari awal ku ketahui bahwa program ini disponsori langsung oleh pemerintah Indonesia. Setelah itu aku memberanikan diri untuk daftar dan upload video, karena persyaratan pada form pendaftaran ialah mengunggah video perkenalan atau pun detail singkat dari startup yang ingin kita bawa.

Jelang beberapa hari pengumpulan, alhamdulillah aku di email oleh 1000StartupDigital dan ditelpon langsung pada hari itu juga bahwa aku dan teman-teman lainnya masuk ke program ignition dan wajib datang pada hari Sabtu 6 Agustus 2016 di Spazio.

Cerita bermula ketika aku bersama salah seorang temanku satu kampus bertemu di Parkiran Gedung sampai selesai acara. Pada proses registrasi aku memilih posisi Hustler, yah Hustler kupilih karena posisi ini yang paling pas menurut passionku.

1000 Startup Digital Surabaya ref: twitter.com/1000startupsby
1000 Startup Digital Surabaya ref: twitter.com/1000startupsby

Tepat Pukul 13:30 acarapun dimulai dan dibuka oleh MC dan dilanjutkan oleh materi-materi apik yang memberikan wawasan serta gambaran awal tentang dunia startup, khususnya kita para startup founder dan kemudian menyamaratakan frekuensi tentang teknik membangun startup pertama kali, serta persiapan yang perlu kita siapkan, dan intinya bagaimana kita brainstroming untuk mengubah pola pikir sebagai konsumen startup menjadi pembangun startup / startup founder.

Target Indonesia membangun 1000 Startup hingga waktu 4-5 tahun bukan lah hal yang sulit menurutku, mengingat ide kreatif dari generasi muda kita yang sangat melimpah dan aset pengetahuan yang dimiliki.

1000 Startup Digital Surabaya
1000 Startup Digital Surabaya ref: twitter.com/1000startupsby

Materi pertama yang menurutku cukup membuat kita bertanya-tanya bagaimana membuat dan menemukan suatu ide agar bisa menjadi salah satu startup yang berkembang, berfikir untuk memecahkan masalah ialah teknik pertama yang harus kita tanamkan kepada benak masing-masing. Talk Show yang disampaikan bersama CEO Reblood, CEO Bahaso, CTO Kerjabilitas membuat aku dan teman-teman paham jadi di Dunia ini banyak sekali yang bisa kita manfaatkan terutama ide untuk membangun suatu solving problem.

Selanjutnya talkshow berlanjut yakni Founder Sedekah Ilmu dan CEO Jelasin.com yang menyampaikan bahwasanya startup tidak bisa ketinggalan dengan yang namanya komunitas, berbagai macam komunitas yang kita ikuti haruslah berkorelasi dengan startup yang kita bangun, terutama membangun jaringan partner kepada siapa saja yang dapat kita pergunakan untuk memperkenalkan dan saling merekomendasi dalam pembangunan startup. Dan tetap yang paling diingat ialah kita berangkat dari masalah yang ada dalam keseharian.

1000 Startup Digital Surabaya 3
1000 Startup Digital Surabaya ref: twitter.com/1000startupsby

Kemudian acara selanjutnya disampaikan oleh mas Andri Yadi selaku CEO Dycode, nah ini bagian yang aku paling bersemangat, mengingat mas Andri telah banyak mengisi berbagai event yang aku sangat gandrungi. Kali ini beliau memberikan paparan tentang suka duka membangun startup yang telah ia bangun, dengan pengalaman jatuh bangun yang telah ia rasakan, mulai build hingga banyaknya perpecahan antar tim hingga prestasi luar biasa yang telah ia capai baik individu maupun bersama tim. Yang paling aku senang dari perkataan beliau ialah kita tak boleh menyerah, kita boleh jatuh kita boleh terpecah, akan tetapi kamu masih punya jutaan kesempatan untuk bangkit. Skill kita teruji demi bonus yang nantinya akan kita terima.

1000 Startup Digital Surabaya 2
1000 Startup Digital Surabaya ref: twitter.com/1000startupsby

Terakhir acara ditutup oleh mas Prami Rachmiadi selaku CMO Emtek & KMK Online, awalnya aku pribadi tidak tahu siapa beliau. Dan setelah mendengar CV dari beliau aku bersama teman-teman tercengang, hehe. Beliau menjelaskan bahwa kita harus memberanikan diri untuk tarung di Next Level atau pasar global yang hingga hari ini banyak pemain Indonesia yang masih kurang berani, khususnya untuk menjajah market Internasional lewat pengembangan dan inovasi yang baik.

Yap acara memang super keren, serangkaian acara di atur mulai dari bawah hingga puncak yang memang harus dipahami dan dikuasi oleh para startup founder yang hadir. Nah untuk Kesimpulan yang kudapat dari serangkaian acara 1000StartupDigital kemarin ialah buatlah ide sebanyak mungkin dari masalah yang bisa kita pecahkan dan tak lupa Skill kita dipertaruhkan untuk membangun dan jangan lupa ajak tim yang se-visi dan se-misi dengan mu. Buat 3 category dalam tim mu, yakni Hipster (Design), Hacker(Progammer), and Hustler (Marketer). Jangan berani bermimpi jangan ragu berinovasi serta jangan takut untuk gagal dan bangkit kembali. Untuk 1 Indonesia Raya.

SHARE

LEAVE A REPLY