Jutaan Orang Rela Bayar $100 untuk Tonton Film Secret Cinema Ini!

Jutaan Orang Rela Bayar $100 untuk Tonton Film Secret Cinema Ini!

305
The Shawshank Redemption
The Shawshank Redemption

Kreasitekno.com — Perusahaan Secret Cinema dengan slogannya “Tell no One” telah meyakinkan jutaan orang untuk membayar $100 (sekitar Rp 1.308.899,-) untuk melihat suatu film yang tidak diketahui judulnya.

Film ini akan menampilkan pengalaman teater yang mendalam dan terdiri dari 4 pertunjukan. Setidaknya dalam kurun waktu 18 bulan terakhir, mereka telah menarik sekitar 18.000 orang untuk turut menjadi bagian film tersebut.

“Tidak hanya menonton film, kamu akan terlibat dalam film, kamu akan hidup di film itu,” kata Fabien Riggall, penemu dari Secret Cinema, di London.

Penonton membeli tiket dan menunggu undangan  ‘misterius’ bagaimana mereka harus datang!

Hal yang membuat unik dari pertunjukan mereka adalah, setiap pemegang tiket diberikan sebuah identitas rahasia dan mengatakan pada mereka apa yang harus digunakan ataupun ke mana harus pergi. Pesan ini pun disampaikan secara tersamar.

Dalam pertunjukan Dr. Strangelove, penonton dikirimkan ke form tentara. Di 28 Days Later, mereka mengirimkan undangan untuk bertemu di rumah sakit. Setelah penonton sampai di tempat-tempat yang sering ditinggalkan orang tersebut, mereka terlibat dalam sebuah set film dan ikut berperan. Aktor utama dalam pertunjukan mendorong para penonton untuk turut berpatisipasi dan memberi mereka tugas serta menarik mereka masuk dalam plot cerita.

Secret Cinema - 28 Days Later
Menonton 28 Days Later dari atas ranjang rumah sakit

Kebanyakan pertunjukan yang diperankan telah tayang sebelumnya di bioskop

Secret Cinema juga menyelenggarakan acara berdasarkan kultur klasik, seperti pada pertunjukan Dirty Dancing di mana penonton diharuskan membayar 68 pounds (sekitar Rp 1.178.000,-) untuk sebuah tiket. Film ini berhasil menarik jumlah penonton sebanyak 30.000 orang.

Di Dirty Dancing, sebagian besar datang di sebuah camp liburan, London bagian Timur, dengan mengenakan kostum yang beragam, beberapa di antaranya membawa semangka, dan membuat pertunjukan menjadi sebuah yang berkesan. Mereka berakting dalam kelas tari, bermain game di padang rumput, dan menonton film mereka di akhir malam. Kesuksesan itu membawa Dirty Dancing masuk dalam top 10 di United Kingdom Box Office.

dirty dancing secret cinema
Dirty Dancing mengundang lebih dari 30.000 penonton

Dua tahun lalu, London Olimpic Park bertansformasi menjadi sebuah kota lengkap dengan toko-toko, pertanian, bianglala, dan pom bensin, sebagai bagian set dari pertunjukan Back to the Future.

“Saya berpikir bahwa orang-orang lapar akan pengalaman yang membuat mereka terasa hidup dan terhubung dengan orang banyak,” kata Riggall.

Tahun lalu, pertunjukan Star Wars menarik lebih dari 100.000 orang yang dilakukan di sebuah pabrik percetakan kosong. Lengkap dengan Stormtrooper dan replika kapal Empire. Penonton diharuskan membayar £ 75 (sekitar Rp 1.300.000,- an) dan perusahaan mendapatkan pemasukan sekitar £ 7,5 juta ($10 juta).

Setelah kesuksesannya di U.K., Riggal berencana untuk mengembangkannya di negara lain. Amerika Serikat adalah pilihan utama untuk saat ini, walaupun tidak dilakukan secara tergesa-gesa dalam waktu yang dekat.

“Melakukan sesuatu yang rahasia di hari dan jaman ini adalah hal yang benar-benar hebat, sangat spesial. Ini seperti sebuah misteri kecil,” ujar Riggal.

Hem, ini benar-benar ide yang superb, ya, Gengs! Kalau ada di Indonesia, kamu bakal rela gak, nih, merogoh kocek sejutaan untuk terlibat dalam pertunjukan ini?  😎

via: money.cnn.com, secretcinema.org

SHARE

LEAVE A REPLY