Sebentar Lagi Google Earth Bakal Bisa Diakses Lewat Firefox

Sebentar Lagi Google Earth Bakal Bisa Diakses Lewat Firefox

129
Google Earth Bisa Diakses Firefox

Dulu ketika kita ingin mengetahui suatu lokasi melalui Google Earth maka kita harus install aplikasi terlebih dahulu. Bersamaan dengan Hari Bumi 2017 kemarin ada perubahan besar yang dapat kita rasakan, yaitu melakukan eksplorasi dunia cukup melalui web browser Chrome termasuk Chromebooks.

Tim Google Earth on Web kini sedang berusaha membukakan pintu agar Google Earth tidak hanya bisa dibuka melalui Chrome tapi juga Firefox. Kedepan, sangat ada kemungkinan Google Earth bisa diakses dari semua browser.

Ketika Google Earth hanya support browser Chrome beberapa waktu lalu muncul satu pertanyaan. Kenapa kok yang support hanya browser Chrome? Untuk menjawab pertanyaan itu, Google telah memberikan pokok permasalahannya. Dan ternyata, merestruktur aplikasi Google Earth agar bisa dijalankan di browser prosesnya sangat pelik.

Jordon Mears sebagai Tech Lead Manager dalam program Google Earth on Web menjelaskan, seperti yang dikutip dari Medium, 31` Oktober 2017, bahwa pihaknya harus melakukan perombakan atas mesin yang bertugas melakukan rendering pada Google Earth platform desktop agar bisa kompatibel dengan browser smartphone maupun browser komputer.

Satu-satunya cara agar langkah tersebut berhasil maka tim Google Earth on Web harus mampu membawa ‘native code’ ke dalam browser. Dan selama ini hanya Chrome yang support dengan bahasa itu. Setelah mereka berusaha keras akhirnya ditemukanlah metode baru agar Google Earth kompatibel dengan browser lain, yaitu menggunakan WebAssembly untuk menjalankan ‘native code’ di browser selain Chrome. Dari situlah tim berhasil medemonstrasikan, bahwa Firefox bisa menjalankan Google Earth.


Baca Juga Google Assistant Kemungkinan Kuat Akan Hadir di Browser Chrome


Fakta menariknya, WebAssembly ternyata support dengan browser-browser lain seperti Safari dan Edge. Jadi setelah proses pengembangan ini selesai, dalam jangka waktu dekat Google Earth sudah bisa diakses dari semua platform web browser. Dengan demikian, kita bisa lebih mudah mengakses data imagery hasil jepretan satelit tersebut tanpa repot-repot download dan install aplikasi Google Earth yang selama kurang lebih 12 tahun ini sudah menemani kita.

SHARE

LEAVE A REPLY