Samsung Umumkan Memori Smartphone (eUFS) Kapasitas 512GB

Samsung Umumkan Memori Smartphone (eUFS) Kapasitas 512GB

106
Samsung Umumkan Memori Smartphone Kapasitas 512GB

Setelah meraup keuntungan dahsyat dari bisnis chip selama tiga kuartal 2017 ini, Samsung kembali launching teknologi terbaru embedded Universal Flash Storage (eUFS) alias memory tananam smartphone.

Tak tanggung-tanggung, sang perusahaan raksasa asal Korsel tersebut akan memperoleh posisi kunci di pasaran yang kini sudah mulai produksi memori tanam eUFS kapasitas 512GB.

Samsung mencatat rekor penghasilan luar biasa di kuartal 3 2017 atas permintaan chip yang sangat banyak. Sebagaimana dilansir oleh ZDnet, bisnis chip merupakan kontribusi kedua paling banyak setelah smartphone yang menyumbang penghasilan nett Samsung. Dari total operating income sebesar 14.53 triliun won, dua pertiganya senilai 9.96 triliun won didapatkan dari bisnis chip. Oleh karena itu Samsung tak tanggung-tanggung dongkrak bisnis chipnya.

Teknologi dibalik eUFS berkapasitas 512GB tersebut masih mengandalkan teknologi layer vertikal V-NAND yang selama ini jadi andalan Samsung. Hal tersebut sangat masuk akal, mengingat V-NAND selama ini terbukti lebih cepat dan lebih efisien ketimbang teknologi 2D NAND yang digunakan pada eUFS milik vendor-vendor lain.

Melihat ke belakang, perkembangan chip penyimpan data besutan Samsung tergolong sangat cepat mulai diperkenalkannya 128GB eUFS dua tahun yang lalu. Hanya berjarak 21 bulan setelah 256GB eUFS (yang sekarang sudah dipasarkan baik melalui versi high-end Samsung Galaxy S8 ataupu Note 8) diperkenalkan, mungkin beberapa bulan kemudian kita sudah bisa merasakan seperti apa performa memori internal kapasitas 512GB terbaru tersebut.

Dikutip dari ZDNet, Selasa 5 Desember 2017, bahwa teknologi yang dimiliki oleh eUFS 512GB akan lebih gahar. Memory flash ini memiliki kecepatan baca sekuensial hingga 860MB/s dan kecepatan tulis sekuensial sebesar 255MB/s. Dengan kecepatan baca-tulis seperti yang disebutkan, smartphone yang menggunakan memori ini bisa transfer data ke SSD dalam waktu super kilat. Kira-kira untuk transfer video Full HD ukuran 5GB dari smartphone ke SSD hanya butuh waktu 6 detik.


Baca Juga Inilah Wujud SSD Portabel Anti Air Besutan Silicon Power Bernama Bolt B80


Seberapa besar sih kapasitas 512GB itu, dan untuk apa? Peralihan fungsi memori smartphone sebagai media penyimpanan di jaman sekarang sudah wajar untuk menggantikan fungsi hard drive di komputer karena sifatnya yang lebih portabel. Nah, kapasitas 512GB itu setara dengan 130 video berdurasi 10 menit kualitas Ultra HD. Cukup menggiurkan memang.

SHARE

LEAVE A REPLY