Samsung SDI Kembangkan Baterai Baru Pengganti Li-ion

Samsung SDI Kembangkan Baterai Baru Pengganti Li-ion

503
Baterai Baru Pengganti Li-ion

Kreasitekno.com – Seperti yang sudah kita ketahui, teknologi baterai pada ponsel saat ini rata-rata menggunakan jenis Lithium-ion atau Li-ion. Begitu pula baterai-baterai yang dipergunakan untuk sumber tenaga pada mobil listrik juga mengadopsi jenis yang serupa. Sebentar lagi teknologi baterai ini pun sepertinya akan mengalami pergantian dengan jenis yang dinilai lebih memiiliki kelebihan.

Dikutip dari Koreaherald (30/06/2017), Samsung SDI sebagai perusahaan pembuat baterai bersama dengan perusahaan terkait lainnya sedang mengembangkan teknologi baterai baru yang bernama Solid State. Perbedaan utama dengan baterai Li-ion yang sekaligus juga menjadi keunggulannya adalah ditiadakannya komponen cairan atau liquid sebagai ion listrik yang rentan tidak stabil.

Cairan ini juga yang disinyalir memicu kemungkinan ledakan seperti kejadian pada smartphone Samsung Galaxy dan iphone beberapa waktu lalu. Pada baterai Solid State komponen elektrolit yang di sertakan adalah berjenis padat, sehingga selain lebih aman dikabarkan juga dapat bertahan dalam jangka waktu yang lebih lama.

Saat ini baterai Solid State sedang dalam masa pengembangan, beredar kabar bahwa teknologi ini sudah hampir siap untuk perangkat smartphone dalam masa waktu satu sampai dua tahun mendatang. Selain Samsung SDI, perusahaan raksasa lain juga turut serta mewujudkan terciptanya baterai berteknologi baru yang lebih aman ini. Diantaranya saja pabrikan otomotif asal Jepang terkemuka Toyota dan perusahaan elektronik LG Chem.

Baca Juga :

Karena berhubungan dengan keselamatan, baterai Solid State ini dibuat dengan tidak sembarangan dan akan membutuhkan banyak waktu untuk pengujian sebelum benar-benar dipergunakan pada produk komersial. Terlebih untuk kendaraan, perkiraan untuk bisa diaplikasikan pada produknya dikabarkan baru siap pada tahun 2020 hingga 2025 mendatang.

Sumber : koreaherald

SHARE

LEAVE A REPLY