Samsung DeX Sebentar Lagi Bisa Jalankan Linux Versi Desktop

Samsung DeX Sebentar Lagi Bisa Jalankan Linux Versi Desktop

182
Samsung DeX Sebentar Lagi Bisa Jalankan Linux Versi Desktop

Celah baru sedang dilirik oleh Samsung, yaitu memanfaatkan docking stationnya untuk menjalankan Linux versi desktop. Ini merupakan pukulan keras terhadap Microsoft yang mulai meninggalkan Continuum-nya. Dulu Microsoft Display Dock sempat menjadi sebuah solusi menarik untuk menjalankan sebagian fungsi Windows PC via ponsel Lumia 950 ataupun Lumia 950 XL.

Melirik pangsa pasar yang lebih luas, Samsung dengan docking stationnya yang baru dikenalkan awal tahun ini akan mencoba memberikan pengalaman beda kepada pengguna ponsel Samsung Galaxy S8 dan Note 8.

Via DeX dan sebuah aplikasi yang baru dikenalkan hari kamis kemarin bernama Linux on Galaxy, pengguna Galaxy S8, S8 Plus dan Note 8 akan segera dapat menjalankan sistem operasi Linux versi full desktop.

Sampai hari ini pengguna Galaxy S8 dan Note 8 hanya bisa menayangkan OS Android rasa desktop via DeX. Sebentar lagi mereka bisa merubah smartphone tersebut sebagai mesin yang bisa mengoperasikan Linux secara penuh, seperti yang dikutip dari The Inquirer, 22 Oktober 2017.

Lebih lanjut Samsung menambahkan bahwa “Linux on Galaxy memberikan kemampuan kepada smartphone untuk menjalankan multiple Linux OS, ini memberikan kebebasan kepada pengguna untuk memilih distribusi Linux yang mereka inginkan. Mengetahui hal tersebut tentu saja sangat mengesankan, karena kebutuhan pengguna terhadap Linux bisa berbeda-beda. Terlebih lagi, ada ratusan distribusi Linux yang sekarang bisa dimanfaatkan seperti Ubuntu, Peppermint, Mint dan lain sebagainya.

Kapanpun pengguna ingin menjalankan fungsi yang tidak ada di smartphone, pengguna bisa dengan mudah beralih ke versi desktop untuk menjalankan semua aplikasi berbasis Linux, karena pada dasarnya Android juga menggunakan kernel Linux.

Bukan hanya itu, DeX juga dibuat lebih menarik dengan hadirnya game-game baru seperti Survival Arena, Vainglory, Final Fantasy XV Pocket Edition, BombSquad, dan Lineage 2 Revolution.


Baca Juga Masih Takut Pakai Linux, Ubuntu Budgie Punya Solusinya


Sekarang pengguna Samsung Galaxy memiliki alasan kuat untuk membeli DeX karena fungsinya yang sebentar lagi tidak bisa diragukan lagi. Buat para developer, hardware ini bisa membuat pekerjaan lebih efisien.

Linux on Galaxy sudah debut, tapi Samsung menerangkan bahwa proyek tersebut masih dalam tahap pengerjaan. Bagi yang tidak sabar bisa mengikuti kabarnya melalui https://seap.samsung.com/linux-on-galaxy yang sengaja dibuka oleh Samsung.

 

SHARE

LEAVE A REPLY