Robot Berkemampuan Memahami Perasaan Sedang Dikembangkan Sony!

Robot Berkemampuan Memahami Perasaan Sedang Dikembangkan Sony!

756

robot-digital-art-hd-wallpaper-1920x1080-36267

Kreasitekno.com — Saat ini pengembangan teknologi robot adalah suatu hal yang lumrah. Dari proses uji coba dan penelitian, produksi masal, hingga pertandingan antar robot pun sepertinya masih akan terus berlangsung tanpa batasan waktu. Namun sisi upgrading yang masih langka, atau bahkan belum pernah terjadi di era ini adalah bagaimana membuat mesin canggih tersebut mampu menggunakan “perasaan” sama halnya seperti manusia. Sisi istimewa yang dimiliki manusia ini memang tak akan luput dari proyek pengembangan khususnya dalam bidang teknologi mutakhir, robotika. Namun siapa sangka jika cita-cita robot berkemampuan memahami perasaan ini ternyata sedang dalam proses penggarapan oleh sebuah perusahaan teknologi ternama?

image-159086552

Sony Corporation, perusahaan teknologi kelas dunia ini telah membeberkan informasi terkait ide pengembangan robotnya yang spektakuler. Kazuo Hirai, Presiden sekaligus CEO dari perusahaan asal Jepang ini, telah mengumumkan sebuah berita yang cukup mengejutkan di hadapan publik dalam sebuah konferensi beberapa hari yang lalu di Berlin, IFA Tech. Ia menyatakan bahwa perusahaannya sedang membangun robot yang mampu membentuk ikatan emosional dengan pemiliknya. Walaupun tak dijelaskan lebih detail terkait dengan proses penggarapan yang sedang dilakukannya, kabar itu tetap mengejutkan banyak pihak. Hirai mengatakan bahwa saat ini kita masih harus menunggu dan bersabar sebelum robot tersebut diperkenalkan di tengah-tengah publik.

Berikut pernyataan yang diungkapnya (via The Sun) :

“Dengan senang hati saya mengabarkan bahwa kami sedang berupaya membuat robot yang tak hanya sanggup membantu kebutuhan sehari-hari anda, tapi juga benar-benar mampu menjalin ikatan emosional dengan anda. Anda benar-benar akan menantikannya.”

kazuo-hirai robot berkemampuan memahami perasaan
Kazuo Hirai

Pernyataan ini juga tentunya membuat “gelisah” banyak orang, terutama pada bagian ide menaruh robot pelayan di dalam rumah mereka. Jika robot berkemampuan memahami perasaan dan membentuk ikatan perasaan dengan “majikannya”, mereka khawatir jikalau teknologi baru ini berpotensi mengambil alih sistem secara keseluruhan hingga berakhir pada pembunuhan massal dengan alasan tertentu lantaran kemajuan artificial intelligence (AI) atau kecerdasan buatan yang tertanam di dalamnya.

Menanggapi hal ini, Hirai menuturkan bahwa tidak seharusnya kita mengkhawatirkan dampak yang terjadi dari penggunaan sistem kecerdasan buatan yang kini sedang marak dikembangkan ini. Ia mengatakan bahwa ketentuan apakah robot berkemampuan memahami perasaan buatannya ini akan berbahaya atau tidak adalah mutlak berada di tangan konsumen. Walau demikian, pernyataan ini tetap tidak mampu mengusir kekhawatiran yang ada di benak masyarakat seutuhnya, terlebih lagi pada mereka yang awam tentang hal ini.

robot berkemampuan memahami perasaan irobot
Masih ingat dengan hal yang terjadi dalam film iRobot?

Daripada itu, hal yang nampak jelas sebagai dampak utama yang berjangka panjang dari pengembangan teknologi mutakhir ini adalah masyarakat jadi makin malas. Karena teknologi yang ada saat ini saja sudah amat memudahkan aktivitas kita, bagaimana nantinya jika ditambah dengan kehadiran robot pelayan?

SHARE

LEAVE A REPLY