Robocop Sungguhan Siap Bantu Tugas Polisi di Dubai

Robocop Sungguhan Siap Bantu Tugas Polisi di Dubai

508
Robocop Bantu Tugas Polisi di Dubai

Rencana Dubai menjadikan kotanya sebagai pelopor di bidang teknologi nampaknya akan segera terwujud. Munculnya sosok Robocop pada Gulf Information Security and Expo Conference pada Senin kemarin sekaligus menandai awal operasi sang Robocop sungguhan dalam membatu tugas kepolisian di jalanan.

Seperti yang diberitakan oleh Daily Mail UK, Rabu (24/5/2017), robot ini ditugaskan untuk menerima laporan kriminal dari warga, termasuk soal tilang-menilang.

Ini adalah pertama kalinya sebuah negara mengadopsi sosok robot polisi dari cerita fiksi yang menjadikan tonggak sejarah bagi Dubai. “Peluncuran sekaligus hari mulai operasional Robocop ini akan menjadi moment bersejarah bagi Uni Emirat Arab, sekaligus awal wujud visi Dubai dalam menjadi pemimpin teknologi”, kata Brigadir Jendral Khalid Nasser Al Razzouqi, Direktur Umum Smart Service untuk Kepolisian Dubai.

Robot tersebut didesain mirip dengan figur aslinya dan bahkan terlihat lebih ramah dengan tinggi postur 1,6 meter. Bedanya, Robocop asli ini tidak dibekali kemampuan menembak seperti yang kita saksikan di film. Teknologi canggihnya terletak pada sensor pemindai wajah hingga jarak 20 meter. Melengkapi fungsi utamanya sebagai tempat lapor masyarakat, Robocop dibekali dengan layar sentuh di dadanya sehingga masyarakat bisa dengan mudah melaporkan segala tindak kejahatan. Selain itu juga terpasang mikrofon yang langsung tersambung ke pusat pengaduan dan pelayanan polisi Dubai.

Dari info yang tersebar, purwarupa ini rencananya akan terus dikembangkan hingga dapat melengkapi satuan kepolisian kota di Dubai pada tahun 2030 mendatang. Kelak robot ini akan diberi kemampuan multi bahasa dalam ikut andil untuk memerangi kriminal di Dubai.

Baca Juga :

5 Negara Ini Pekerjakan Robot di Restaurant Mereka!

Ups, Cina Mewaspadai Kekuatan Militer Jepang Yang Diperkuat Gundam!

Inilah Scorpion-3, Hoverbike Kendaraan Impian Bagi Kamu Pecinta Serial Star Wars!

“Kita akan membuat beberapa jumlah robot lagi kedepannya untuk menangani ketertiban”, ujar Brigadir Abdullah Bin Sultan sebagai mana di muat dalam Gulf News, Rabu (24/5/2017). Ia menambahkan, “Di tahun 2030 rencananya kita akan membuat dengan jumlah 25% dari total anggota kesatuan polisi.” Dubai menargetkan sistem keamanan cerdas mulai saat ini dan diharapkan pada 2030 nanti sudah tidak ada kantor kepolisian yang mempekerjakan manusia. Semua akan digantikan oleh robot.

Sumber: dailymail

SHARE

LEAVE A REPLY