Review Ultimate Chicken Horse: Sabotase Temanmu, Bukan Dirimu Sendiri!

Review Ultimate Chicken Horse: Sabotase Temanmu, Bukan Dirimu Sendiri!

258
Review Ultimate Chicken Horse
Review Ultimate Chicken Horse
Review Ultimate Chicken Horse
Review Ultimate Chicken Horse

Apakah anda suka bermain game multiplayer lucu bersama teman-teman atau keluarga anda? Apakah anda suka bersaing dan tertawa bersama mereka? Kalau begitu, Ultimate Chicken Horse adalah game yang sangat cocok untuk anda!

Ultimate Chicken Horse merupakan game indie multiplayer platformer yang dibuat dan dirilis oleh Clever Endeavour Games pada tanggal 5 Maret 2016 di Steam Store. Menurut Clever Endeavour Games (seperti yang tertera pada website-nya), Ultimate Chicken Horse berawal dari game jam pada September 2014 lalu. Game jam adalah suatu program untuk developer game, dimana developer diberi misi untuk dapat membuat game dengan tema tertentu dan dalam waktu yang ditentukan. Setelah selesai, peserta game jam ini harus menunjukkan pada game developer local di daerah sana. Setelah Ultimate Chicken Horse ini jadi (masih berupa versi alfa), termyata responnya sangat positif. Melihat game ini tampaknya memiliki potensi untuk dapat menjadi lebih menarik lagi, mereka pun memutuskan untuk terus mengembangkan game ini.

Sistem permainan Ultimate Chicken Horse cukup simpel, pemain dan pemain lainnya membuat sebuah level yang nantinya akan dimainkan bersama. Semua pemain yang nantinya akan berpartisipasi dalam game, dapat memasang jebakan-jebakan untuk membuat pemain lainnya tidak bisa mencapai finish. Namun pemain perlu berhati-hati dalam memasang jebakan, karena jebakan yang dipasang bisa mengenai diri mereka sendiri.

Review Ultimate Chicken Horse
Review Ultimate Chicken Horse

Pemain memperoleh poin apabila paling tidak salah satu pemain tidak dapat mencapai finish karena terkena jebakan. Poin dihitung dari mencapai finish pertama, dapat menjebak pemain lain dengan jebakannya, atau mengambil koin-koin yang dipasang oleh pemain lain dan membawanya sampai finish. Jadi pemain juga bisa memancing pemain lain untuk terkena jebakannya dengan koin-koin ini. Menarik bukan?

Game ini dapat dimainkan secara local maupun online menggunakan controller atau keyboard. Jumlah pemain bisa mencapai 4 orang. Pemain bermain sebagai beberapa jenis hewan, seperti ayam, kuda, domba, dan binatang jenis lainnya. Setelah diluncurkan di Steam Store, Clever Endeavour Games berencana meluncurkan juga ke konsol.

Salah satu fitur yang paling menonjol di game ini adalah banyaknya block atau objek yang dapat digunakan untuk membuat level. Pemain bisa membuat sebuah level sekreatif mereka, benar-benar tidak ada batasan. Dengan fitur ini, pemain tidak hanya sebagai pengguna saja, namun pemain juga dapat belajar sebagai level designer, karena mereka bertanggung jawab atas level yang mereka buat.

Review Ultimate Chicken Horse
Review Ultimate Chicken Horse

Selain itu, art style kartun yang menyenangkan membuat game ini dapat dinikmati dari semua kalangan, baik dari anak kecil sampai usia dewasa. Ditambah lagi didukung oleh soundtrack yang lucu dan funky. Tidak salah apabila ada yang menganggap game ini adalah best party game tahun 2016.

Dari skala 1 sampai 10, saya menilai game ini 8. Konsep game ini benar-benar unik tidak umum. Ditambah lagi, library yang sangat luas menyediakan objek-objek pasti membutuhkan waktu yang lama dan kemampuan yang tidak main-main untuk mewujudkannya. Namun, bukan berarti lantas game ini tidak perlu ditambah fitur lagi. Banyak sekali yang masih dapat ditambahkan untuk membuat game ini menjadi lebih menarik lagi. Clever Endeavour Games bercita-cita untuk membuat game yang dapat menyatukan para pemain dan bersenang-senang bersama. Sepertinya, target mereka ini telah mulai tampak keberhasilannya. Apabila anda tertarik memainkan game ini, anda bisa dapatkan game ini dengan harga Rp 115.999 di Steam Store.

SHARE

LEAVE A REPLY