Review Out There Somewhere: Memecahkan Teka-Teki Sebagai Pilot Luar Angkasa!

Review Out There Somewhere: Memecahkan Teka-Teki Sebagai Pilot Luar Angkasa!

188
Review Out There Somewhere
Review Out There Somewhere
Review Out There Somewhere
Review Out There Somewhere

Game ini memiliki cerita yang cukup simpel, ras manusia sedang dalam keadaan hampir punah melawan sekelompok makhluk luar angkasa dan seorang pahlawan akan mengalahkan makhluk luar angkasa tersebut dan menyelamatkan ras manusia. Namun, apakah anda berpikir permainan ini akan simpel juga? Jika demikian, sebaikanya anda hilangkan pemikiran itu sebelum bermain Out There Somewhere, karena permainan ini akan membuat anda berpikir sangat keras untuk memecahkan teka-teki yang tidak mudah!

Out There Somewhere merupakan game indie puzzle platformer yang dibuat oleh MiniBoss Studio dan dirilis oleh EQ Games pada tanggal 15 Maret 2016 di Steam Store. Sebenarnya MiniBoss Studio telah meluncurkan game ini pada tahun 2012, namun mereka memutuskan untuk membangkitkan kembali game ini dengan grafik dan soundtrack yang lebih menarik pada tahun 2016.

Out There Somewhere menceritakan tentang perang umat manusia dengan makhluk luar angkasa di masa depan yang tidak terlalu jauh dari sekarang, tepatnya pada tahun 20XX. Manusia tidak lagi bertempat tinggal di bumi, melainkan di sebuah planet bernama Mother Planet. Pemain akan mengendalikan Yuri, seorang pilot luar angkasa pemberani yang bertugas melindungi Mother Planet dari serangan makhluk luar angkasa dan mengalahkan Gregori, pemimpin makhluk luar angkasa yang mengancam punahnya umat manusia.

Review Out There Somewhere
Review Out There Somewhere

Ketika sedang menahan serangan pasukan Gregori, pesawat luar angkasa yang dikendarainya mengalami kerusakan yang cukup hebat hingga membuat Yuri harus melakukan pendaratan darurat di suatu planet asing. Ternyata, Gregori juga mendarat di planet tersebut. Yuri harus memperbaiki pesawatnya untuk dapat mengalahkan Gregori dan kembali ke Mother Planet, maka dari itu dia bergegas mencari bahan untuk memperbaiki pesawatnya, yaitu Lightorb. Yuri akan mendapati ternyata planet tersebut dihuni oleh makhluk yang tidak bersahabat, lava yang mematikan, dan bahkan ada penduduk lokal yang ramah dan bersedia membantu Yuri. Yuri memiliki senjata untuk membantu dalam perjalanannya, yaitu Teleport Gun. Teleport Gun ini dapat membuat Yuri berpindah tempat ke tempat dimana peluru Teleport Gun ditembakkan. Pemain akan mengendalikan Yuri memecahkan banyak teka-teki untuk dapat mengalahkan Gregori dan mendapatkan Lightorb dengan Teleport Gun-nya. Kesabaran dan pantang menyerah, menggunakan Teleport Gun dengan benar dan lihai, adalah kunci untuk pemain agar dapat memecahkan teka-teki di Out There Somewhere.

Jenis permainan di Out There Somewhere ada dua, yang pertama adalah ketika Yuri menaiki pesawat luar angkasanya untuk menahan serangan makhluk luar angkasa. Mungkin untuk beberap pemain tidak akan asing akan jenis permainan ini, karena jenis permainan ini cukup umum dan banyak permainan yang sudah menggunakan jenis permainan ini. Mengendalikan pesawat, menembak musuh, dan jangan sampai musuh mengenai pesawat anda, cukup simpel bukan? Jenis yang kedua adalah yang merupakan sebagian besar dari game ini, yaitu platformer.

Review Out There Somewhere
Review Out There Somewhere

Selain mencari Lightorb, terdapat tiga benda yang bisa didapatkan di Out There Somewhere. Benda yang pertama adalah Abandoned Core. Core ini akan membuat serangan pesawat tempur Yuri semakin kuat dan memberikan kerusakan yang lebih besar. Semakin banyak Core yang didapat, pesawat tempur Yuri akan semakin kuat. Benda yang kedua adalah Ancient Alien Artifacts. Yuri hanya memiliki satu nyawa, jadi apabila terkena serangan dari musuh sekali saja akan membunuhnya. Inilah gunanya Ancient Alien Artifacts. Benda ini akan menambah kapasitas nyawa Yuri. Tipa mendapat satu Artifact, nyawa Yuri akan bertambah satu. Benda yang ketiga adalah Gauss Gun. Beda denga dua benda sebelumnya, benda ini harus didapatkan pemain untuk melanjutkan perjalanan. Seiring berjalannya waktu, pemain akan mendapati musuh semakin banyak dan pemain tidak bisa menghindarinya terus. Inilah gunanya Gauss Gun. Selain untuk membunuh musuh, Gauss Gun bisa digunakan untuk menghancurkan dinding atau terrain khusus. Benda-benda ini selain Gauss Gun akan sangat sulit untuk diperoleh, membutuhkan pemain untuk cukup sabar dan ahli untuk memperolehnya.

Dari skala 1 sampai 10, saya menilai game ini 9. Untuk sebuah game yang berharga Rp 9.000, game ini benar-benar layak untuk dimainkan. Puzzle yang unik, cerita yang biasa namun tidak membosankan, soundtrack ala 16 bit, membuat Out There Somewhere sangat menyenangkan untuk dimainkan. Permainan ini juga cukup pendek, rata-rata pemain menyelesaikan game ini dalam waktu 30-60 menit. Menurut saya itu wajar untuk game yang berharga dibawah RP 10.000. Apalagi dengan soundtrack chiptune yang membawa pemain ke era 90-an. Saya merekomendasikan game ini apabila anda suka game-game teka-teki ringan. Apabila anda tertarik memainkan game ini, anda bisa dapatkan game ini dengan harga Rp 8.650 di Steam Store.

SHARE

LEAVE A REPLY