Review The Culling: Game Survival dan Battle Royale Yang Mematikan!

Review The Culling: Game Survival dan Battle Royale Yang Mematikan!

517
Review The Culling
Review The Culling
Review The Culling
Review The Culling

Jika anda menyukai film Hunger Games, maka pasti anda juga akan menyukai game ini. Karena  game ini, bisa dikatakan merupakan versi game dari Hunger Games. Terisolasi di pulau tak dikenal, harus bertahan hidup dengan cara apapun, termasuk menyingkirkan saingannya hingga tersisa satu peserta. The Culling, akan memberikan anda pengalaman yang nyata akan permainan mematikan ini.

The Culling merupakan game indie first person survival battle royal yang dibuat Xaviant dan diterbitkan oleh Xaviant Games pada tanggal 5 Maret 2016 di Steam Store. Game ini masih berupa Early Access, artinya isi dari game ini masih sangat terbatas karena masih dalam perkembangan.

Inti dari The Culling adalah Battle Royal dengan 16 pemain secara online, bisa sebagai pemain solo, atau tim dua orang. Satu pertandingan dapat mencapai 10-20 menit, dengan tambahan final stage. Pada final stage juga terdapat gas beracun yang secara perlahan membunuh pemain. Satu orang terakhir atau tim yang menang adalah yang dapat bertahan hidup. The Culling sangat menekankan pemain untuk dapat bertarungan jarak dekat. Sistem nya simple, memukul, menangkis, dan mendorong, seperti game fighting pada umumnya. Namun, jangan anggap sistem ini juga mudah. Simple, tapi membutuhkan latihan agar pemain bisa menguasainya dengan benar.

Review The Culling
Review The Culling

Sementara ini terdapat 24 macam senjata jarak dekat berupa pedang, kapak, gada, dan tombak. Masing-masing memiliki damage yang berbeda-beda, dari pisau batu yang rapuh sampai Katana yang sangat tajam. Beda jenis senjata juga beda jenis damage yang dihasilkan. Senjata-senjata ini juga bisa dilempar, memungkinkan pemain dapat bertarung jarak jauh. Selain senjata jarak dekat, senjata jarak jauh seperti panah dan senjata api juga tersedia. Namun, jangan menganggap setelah memiliki senjata api anda akan aman, karena persediaan peluru yang ada sangat terbatas dan pengguna senjata api bisa dengan mudah dilucuti senjatanya oleh pengguna senjata jarak dekat apabila tidak jaga jarak.

Jebakan juga tersedia apabila pemain yang senang bermain-main dengan lawannya. Ranjau, tali jerat, ledakan yang dikontrol dengan remote, dan masih banyak lagi. Pertandingan dalam The Culling sangat cepat, maka dari itu pemain harus menggunakan strategi yang lihai agar jebakannya berhasil, seperti memasang jebakan dekat tempat penurunan persediaan, atau bahkan menggunakan diri mereka sebagai umpan untuk menarik lawannya terkena jebakannya.

Dalam The Culling, pemain dapat memperoleh senjata dengan cara crafting, artinya merancang dan membuat senjata mereka sendiri. Dalam seluruh pulau juga terdapat peti harta karun yang berisi bahan persediaan untuk bertahan hidup, seperti menambah nyawa dan memperkuat diri sementara. Namun, crafting dan membuka beberapa jenis peti tidak gratis, player memerlukan Flexible Universal Nano-Compound, atau disingkat FNUC. FNUC ini berlaku seperti uang.

Review The Culling
Review The Culling

The Culling bisa dibilang memberikan gameplay yang cukup kompleks, karena fitur yang luar biasa banyak untuk bertahan hidup. Pemain tidak bisa asal main, mereka harus berfikir dan memanfaatkan sumber daya yang ada secara maksimal.

Untuk seukuran game indie, The Culling ini merupakan game yang sangat luar biasa. Ketelitian dan kreatifitas developer The Culling benar-benar hebat. Fitur yang sangat banyak untuk sebuah Early Access game, membuat banyak sekali peminat nya. Wajar apabila game ini mendapat review Very Positive di Steam Store.

Namun, menurut saya game ini masih ada yang perlu diperbaiki, seperti ketika crafting senjata, pisau batu contohnya, animasi karakter hanya menggosok-gosok batu, kemudian secara ajaib berubah menjadi pisau batu. Saya rasa ini memang hal kecil, namun alangkah baiknya developer mengganti animasinya menjadi layaknya kenyataan dalam membuat senjata.

Dari skala 1 sampai 10, saya menilai game ini 8.5. Alur permainan yang kompleks membuat pemain berfikir, grafis yang luar biasa memukau, area yang sangat luas untuk dijelajahi, dan efek suara yang detil, adalah mengapa saya memberi The Culling 8.5. Apabila anda penggemar MOBA, atau Multiplayer Online Battle Arena, maka saya rasa anda perlu mencoba game ini, karena menurut pandangan saya, sistem pada game ini serumit game-game MOBA. Developer The Culling bercita-cita game ini suata hari nanti bisa menjadi salah satu E-Sport yang terkenal. Apabila anda tertarik memainkan game ini, anda bisa dapatkan game ini dengan harga Rp 104.399 di Steam Store. Dengan catatan, game ini masih Early Access, maka anda bisa memberi masukan pada Developer untuk memperbaiki game nya.

SHARE

LEAVE A REPLY