Review Blade and Soul: MMORPG Super Seru Yang Pernah Ada!

Review Blade and Soul: MMORPG Super Seru Yang Pernah Ada!

1114
Review Blade and Soul
Review Blade and Soul
Review Blade and Soul
Review Blade and Soul

KreasiTekno.com – Setelah menunggu cukup lama untuk perilisannya, akhirnya NCSoft secara resmi meluncurkan game MMORPG terbaru. Dengan mengusut tema “martial arts” berjudul Blade & Soul game tersebut kini dapat dimainkan di wilayah Amerika (NA) dan Eropa (EU) sejak hari Rabu kemarin atau tepatnya pada tanggal 19 Januari 2016. Setelah membutuhkan waktu hamper 10 tahun untuk pengembangannya, akhirnya NCSOFT merilis game tersebut di Korea pada tahun 2012 dan server Amerika & Eropa di awal tahun 2016.

Terdapat 4 ras yang dapat dimainkan dalam game ini dengan berbagai kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Mereka ialah Jin, Gon, Lyn, dan Yun. Kemudian ada juga class yang dapat diambil berdasarkan ras. Class yang tersedia ialah Destroyer, Kung Fu Master, Force Master, Summoner, Blade Dancer, Blade Master, Assassins, dan Warlock (update 2 Maret 2016). Jadi tidak semua ras yang bisa mengambil class yang sama.

Review Blade and Soul
Review Blade and Soul

Dalam panel pembuatan karakter baru, fitur yang diberikan cukup mendetil. Kita bisa mengatur bentuk tubuh hingga cukup mendasar seperti besar lengan, panjang lengan, dan lain sebagainya.

Selesai membuat karakter, pemain akan disajikan oleh sebuah cutscene yang memperlihatkan latar belakang cerita dari karakter yang digabung dengan tutorial dasar dalam mengenai Blade & Soul. Kombinasi antara cutscene dan tutorial seperti ini bisa dibilang cukup menarik. Karena tidak banyak game-game MMORPG yang memberikan tutorial sekaligus menceritakan latar belakang sang karakter.

Kita baru dapat menikmati game ini setelah semua cutscene dan dialog karakter selesai. Di dalam game sendiri, layaknya game-game MMORPG lainnya, terdapat berbagai macam jenis quest yang bisa kita ambil untuk meningkatkan level juga mendapatkan barang dan uang. Sedikit berbeda dengan game MMORPG biasanya, gameplay yang dipakai Blade and Soul cukup menarik karena game ini tidak terlalu bergantung kepada serangan simple yang hanya tinggal menekan tombol shortcut skill pada keyboard.

Review Blade and Soul
Review Blade and Soul

Gaya bertarung yang cepat menjadi fitur utama dalam Blade & Soul merupakan pilihan yang cukup tepat untuk game MMORPG dengan nuansa martial arts. Pemain bisa menciptakan kombo serangan Ketika bertarung dan mengeluarkan skill bila timing-nya tepat seperti kombo tinju dengan tendangan atau menangkap dan kemudian membanting monster tersebut. Pemain juga bisa menyerang musuh ketika kita menghindari serangannya. Dapat dikatakan gameplay bertarung yang fleksibel inilah yang menjadi daya tarik utama dari Blade and Soul.

Mungkin masalah yang masih dialami oleh pemain dari luar Amerika dan Eropa adalah lag ketika menyerang atau bergerak.  Hal ini cukup ditolerir mengingat letak server yang jauh dari Indonesia, kita tidak bisa berbuat apa-apa.

Namun begitu, Blade & Soul masihlah layak untuk dimainkan. Dengan grafis yang cukup mendetil dan gameplay menarik yang dapat dikombo ala martial arts, Blade & Soul sangatlah direkomendasikan untuk kalian penikmat MMORPG yang ingin merasakan suasana berbeda dengan yang lain. Dan juga alur cerita yang bagus dan menyentuh dari game ini pula yang menjadikan game ini wajib untuk dimainkan!

NCSOFT tidak memberikan harga untuk game ini alias Free to Play! Mereka juga tidak memberlakukan system ip block sehingga players yang tinggal di luar wilayah server seperti Indonesia pun bisa memainkan Blade & Soul dengan bebas.

Kelebihan Kekurangan
Grafis menakjubkan Delay dan lag
Desain karakter sangat detil

n/a

Peletakan cutscene yang tepat n/a
Alur cerita menarik n/a
Gameplay unik dan menarik n/a
SHARE

LEAVE A REPLY