Proyek Besar IBM Produksi Chipset 5 Nanometer

Proyek Besar IBM Produksi Chipset 5 Nanometer

408
IBM Produksi Chipset 5 Nanometer

Kreasitekno.com – Tepatnya dua tahun yang lalu IBM dianugrahi predikat pelopor atas pengembangan chipset berukuran 7 nanometer. Meski kabarnya belum hilang dari telinga kita, kini IBM kembali muncul dengan kabar mengejutkan. Perusahaan tersebut kini sedang mengembangkan chipset yang lebih kecil lagi, yaitu 5 nanometer.

Proyek besar itu akan dilakukan dengan dua mitranya yaitu GlobalFoundaries dan Samsung. Meskipun tahap peluncuran kepasaran dari chip tersebut mustahil dilakukan dalam waktu dekat, namun predikat ini patut untuk diacungi jempol.

Seperti yang dikutip dari Forbes, Senin (5/6/2017), rincian dari proyek dan penelitian tersebut telah disepakati dalam sebuah konferensi 2017 Symposia on VLSI Technology and Circuits, di Kyoto Jepang. Kemitraan tersebut dilakukan karena IBM sudah tidak lagi memproduksi chip lagi. Oleh karena itu kedua perusahaan tersebut yang akan mengantongi izin pembuatan chip 5 nanometer. Chip tersebut diharapkan sudah selesai dibuat pada tahun 2020 mendatang.

Sekilas mengenai generasi chipset yang beredar sekarang ini, kebanyakan perangkat masih menggunakan chip 10 nm. Misalnya, chip pada prosesor Qualcomm Snapdragon 835, adalah chip yang pertama menggunakan teknologi Samsung 10 nm, yang sekarang bisa kita temui pada ponsel Samsung Galaxy S8.

Teori Moore merupakan tantangan terbesar IBM dalam proyek pembuatan chip 5 nm.  Hukum Moore adalah sebuah teori ekonomi yang lahir setelah periode Gordon Moore, salah satu pendiri Intel. Hukum tersebut memprediksi bahwa penggunaan jumlah transistor dalam ukuran silikon yang sama akan berlipat ganda setiap dua tahun sekali.

Kita bisa membayangkan, dalam chip 7 nanometer saja sudah menggunakan 20 milyar jumlah transistor. Entah berapa jumlah transistor nantinya yang akan dipasang pada chip 5 nm. Dilihat dari ukurannya memang sangat kecil. Satu nm (nanometer) bisa disetarakan dengan 1/1.000.000 meter. Berarti jika 5 nanometer ukurannya bisa jadi hanya setebal atom saja.

Baca Juga :

Terlepas dari kerumitannya, otomatis chip 5 nm lebih canggih dan lebih cepat hingga 40% dibanding dengan chip 10 nm. Konsumsi dayanya-pun juga akan lebih hemat sekitar 75%. Dari prediksi tersebut, kemungkinan gadget yang dipasarkan di tahun 2020 sudah sangat canggih dan lebih hemat daya.

Sumber : forbes

SHARE

LEAVE A REPLY