Pria Ini Ciptakan Barang Unik Bantu Atasi Kecanduan Smartphone

Pria Ini Ciptakan Barang Unik Bantu Atasi Kecanduan Smartphone

239
Barang Unik Bantu Atasi Kecanduan Smartphone

Sepertinya virus kecanduan smartphone memang sudah merebak di mana-mana. Smartphone di jaman sekarang sudah bukan lagi sebuah perangkat yang penggunaanya didasarkan pada kebutuhan sebenarnya, yaitu komunikasi ataupun menggali informasi. Untuk orang-orang tertentu smartphone malah menjelma sebagai ‘mainan’ yang sulit dipisahkan layaknya anak kecil yang sedang memegang mainan baru.

Tidak jarang kita melihat seseorang (atau bahkan diri kita sendiri) melakukan aktifitas menggelikan dengan smartphone seperti mengusap-usap layar, buka tutup smartphone, atau aktifitas lain yang sebenarnya tidak penting.

Nah, seorang pria asal Vienna, Austria bernama Klemens Schillinger punya ide kreatif untuk membebaskan anda dari ‘kecanduan’ smartphone melalui sebuah alat pengganti ponsel atau Substitute Phone.

‘Mainan’ tersebut berbentuk mirip dengan ponsel terbuat dari plastik yang didesain dengan manik-manik dari batu. Diharapkan melalui manik-manik tersebut pengguna bisa menuangkan rasa kecenderungan yang selama ini menjadi kebiasaan ketika memegang smartphone seperti scrolling, pinching,dan swipin.

Batu-batu tersebut disusun secara rapi pada lubang-lubang dan mendukung segala perilaku memegang smartphone seperti yang dicontohkan.

Schillinger mengakui konsepnya tersebut cukup unik. Seperti yang kami kutip dari Dezeen.com via The Verge, 27 November 2017, bahwa “ponsel kian hari berubah menjadi sesuatu yang bersifat candu di kehidupan kita. Pengguna secara konstan bermain-main dengan smartphone, meskipun mereka tidak sedang menerima pesan ataupun menunggu panggilan, makanya Schillinger berinisiatif untuk membuat alat tersebut untuk atasi kecanduan smartphone.”

Sudah ada lima alat yang berhasil ia buat, dimana masing-masing memiliki pola gerak sendiri-sendiri. Belum diketahui bahwa alat tersebut akan dijual ke pasaran, tapi melalui website resminya, Schillinger sudah membuat sebuah halaman belanja ‘Shop’ yang masih diberi keterangan ‘Coming soon!!’. Artinya, ada kemungkinan besar bahwa alat unik penghilang kecanduang hp tersebut akan dijual.


Baca Juga Ups, Banyak Anak-Anak Kecil Indonesia Yang Sudah Kecanduan Internet!


Sedikit berkenalan dengan Klemens Schillinger, beliau adalah seorang innovator dan produk desainer lulusan Royal College. Posisinya sekarang menjabat sebagai pekerja lepas untuk berbagai studio desain kondang. Pekerjaan yang pernah ia selesaikan termasuk proyek desain untuk Hem, RIM-Blackberry dan Kvadrat.

SHARE

LEAVE A REPLY