Play Store Perbarui Sistem Deteksi Kapasitas Penyimpanan Smartphone

Play Store Perbarui Sistem Deteksi Kapasitas Penyimpanan Smartphone

369
Play Store Perbarui Sistem

Semakin canggih sebuah smartphone menuntut aplikasi yang lebih canggih pula. Dan semakin baru sebuah aplikasi, biasanya dibarengi oleh peningkatan ukuran file yang semakin besar karena adanya penambahan berbagai fitur.

Oleh karena itu hampir semua smartphone baru telah dibekali oleh memori penyimpanan internal berkapasitas besar.

Play Store merupakan gudangnya aplikasi resmi untuk smartphone Android entah apapun itu versinya. Nah, untuk mempermudah pengguna Android dalam melakukan pemasangan aplikasi Google mengembangkan sebuah fitur yang lebih canggih untuk mendeteksi kapasitas penyimpanan sebuah smartphone bahkan sebelum pengguna mengunduh dan memasang aplikasi yang dimaksud.

Jadi sekarang anda bisa memprioritaskan mana saja aplikasi yang penting dan sering digunakan kemudian bisa mencopot pemasangan aplikasi yang tidak begitu penting untuk mengurangi penggunaan memori internal.

Fitur ini sangat berguna bagi pemegang Android dengan memori internal rendah maupun pengguna Android yang gemar mencoba game baru.

Meskipun sudah memakai smartphone dengan kapasitas penyimpanan internal ukuran besar terkadang kurang cukup juga untuk instalasi game. Tak perlu memakai aplikasi pihak ketiga, sekarang anda bisa mengatur memori penyimpanan dengan sangat mudah di Play Store.

Berdasarkan informasi yang kami peroleh melalui 9to5Google, Sabtu (27/1/2018) fitur ini sudah bisa muncul di aplikasi Play Store versi 8.5.xx (Stable) dan versi 8.7.xx (update terakhir). Letaknya ada di dalam menu My apps & games > Update tepat di atas kolom notifikasi update.

Dan jika ternyata memori penyimpanan sudah hampir penuh maka disana akan terdapat tulisan “You’re running low on storage”. Anda bisa memilih untuk mengosongkan kembali memori penyimpanan dengan cara tap tulisan “FREE UP SPACE” untuk kemudian mencopot pemasangan aplikasi yang dirasa kurang penting.


Baca Juga Samsung Umumkan Memori Smartphone (eUFS) Kapasitas 512GB


Fitur ini sejatinya sudah ada di Play Store lama namun pengguna tidak akan tahu sebelum mereka memasang aplikasi. Sebelumnya jika memori penyimpanan tidak cukup, maka muncul lah sebuah notifikasi ‘memori penuh’. Sekarang anda bisa mengetahuinya dengan mudah bahkan sebelum download dan melakukan instalasi aplikasi.

SHARE

LEAVE A REPLY