Bumi Super GJ 356 B, Planet Mirip Bumi Ini Kemungkinan Ber-Alien!?

Bumi Super GJ 356 B, Planet Mirip Bumi Ini Kemungkinan Ber-Alien!?

386
0
SHARE
gj 356 b planet mirip bumi

Ada kemungkinan kalau planet mirip bumi ini ditinggali oleh makhluk hidup, lho! Alien?

Kreasitekno.com — Pada dekade terakhir ini, manusia memang lagi gencar–gencarnya mencari planet yang kemungkinan memiliki kehidupan. Mencari planet memang cukup sulit karena lebih mudah mencari sebuah bintang. Akhir bulan lalu peneliti dari Instituto de Astrofísica de Canarias (IAC) bersama University of La Laguna (ULL) telah menemukan planet mirip bumi yang berukuran besar, atau disebut Bumi Super. Planet tersebut GJ 536 B dan memiliki massa sekitar 5,4 kali massa Bumi.

Tidak seperti kebanyakan planet yang diperkirakan menjadi “habitable planet”, planet luar tata surya yang mengorbit pada bintang GJ 536 tidak berada di goldilock zone, tetapi periode orbitnya yang cukup pendek hanya 8,7 hari dan tingkat kecerahan bintang merahnya yang cukup hangat, menjadikan planet ini kandidat penelitian menarik untuk diteliti komposisi atmosfernya. Selama penelitian, ilmuwan juga menemukan siklus aktivitas magnetik yang mirip dengan Matahari, tetapi dalam periode yang lebih singkat, yaitu hanya sekitar tiga tahun.


Baca Juga: Bunker Kiamat Svalbard Ini Menyimpan Benih dari Seluruh Dunia (Foto)


“Sejauh ini, satu-satunya planet di sekitar bintang tersebut hanya GJ 536 b, tetapi kami terus mengawasi bintang untuk menemukan planet lainnya,” ujar Alejandro Suarez Mascareno, penulis utama studi.

Kebanyakan planet berbatu ditemukan dalam kelompok tertentu, apalagi dalam sebuah sistem di bintang seperti GJ 536. Kemungkinan besar jika diteliti terus menerus akan menemukan sebuah planet yang mirip dengan GJ 536 b. Para peneliti yakin bisa menemukan Bumi Super lainnya yang mengorbit pada binta GJ 536. Planet mirip bumi ini mengorbit pada bintang yang lebih kecil dan dingin dibandingkan dengan Matahari. Tetapi lokasinya cukup dekat dan terang untuk ukuran sebuah planet Bumi. Planet ini juga dapat diamati dari belahan utara dan selatan, cukup menarik perhatian juga adanya banyak kemungkinan planet serupa yang berada di Goldilock Zone.

perbandingan planet mirip bumi gj 356 b dengan bumi

Menurut Rafael Reboilo, untuk mendeteksi sebuah planet, membutuhkan pengukuran kecepatan dari sebuah bintang dengan akurasi hingga meter per detiknya. Jika bisa meningkatkan tingkat akurasi pengukuran, kita bisa meneliti bintang lainnya yang jaraknya cukup dekat dengan kita.

Pendeteksian planet merupakan hal yang cukup sulit karena intensitas cahaya yang dipantulkan dari bintang utamanya cukup sedikit—kebanyakan kalah oleh cahaya dan sinyal yang dipancarkan oleh bintangnya. Planet GJ 536 b bisa dideteksi dengan kerjasama antara IAC dan Geneva Obsetvation dengan menggunakan spektograf berakurasi tinggi bernama HARPS (High Accuracy Radial Velocity Planet Seeker) yang dipasang pada teleskop ESO di Las Silla, Cili dan HARPS North yang terpasang Telescopio Nacional Galileo (TNG) di Roque de los Muchachos Observatory, Garafia, La Palma.

sumber

LEAVE A REPLY

LEAVE A REPLY