Planet Kesembilan, Planet Yang Nyasar di Tata Surya Kita

Planet Kesembilan, Planet Yang Nyasar di Tata Surya Kita

925
planet kesembilan di galaksi bima sakti?

Planet Kesembilan calon pengganti pluto mulai populer dari awal tahun kemarin. Nah, banyak teori mengenai planet ini, simak pembahasannya disini.

Kreasitekno.com — Hipotesis mengenai planet kesembilan telah muncul dari awal tahun lalu. Para ilmuwan masih mencoba mencari di mana tepatnya planet kesembilan dari tata surya kita berada.  Berdasarkan penelitian dan simulasi, kemungkinan planet kesembilan merupakan rogue planet  yang sedang nyangkut di tata surya kita.


Baca Juga: Ilmuwan Baru Saja Menemukan “Bulan Kedua’ milik Bumi?!


2384768767y69-p9_1024

Teori tersebut diajukan setelah dua peneliti dari universitas New Mexico State University melakukan 156 simulasi. Ketika sebuah planet tanpa bintang berceceran di sekitar galaksi tertarik oleh medan gravitasi dari sebuah bintang. Sebagian besar hasil simulasi menunjukan kebanyakan planet yang tersesat ke medan magnet sebuah bintang akan “terpental” keluar lagi karena slingshot effect. Sehingga planet tersebut hanya mampir sementara.

Dari simulasi tersebut, presentasi ditolaknya planet yatim tersebut sekitar 60%. Sekitar 40% hasil simulasi, planet yatim tersebut akan ikut mengitari bintang yang menjangkauanya dan berevolusi bersama planet lainnya. Peristawa ini dinanamakan “soft capture”. Bahkan ada juga case yang memiliki presentasi kecil, planet yatim tersebut menculik salah planet yang ada di Tata surya yang disebabkan oleh tarikan gravitasi dari planet yatim tersebut yang mampir dan pergi karena slingshot effect. Masih banyak planet yatim yang berkeliaran di Bima Sakti yang kemungkin bisa tertangkap oleh Matahari. Jadi kedepannya mungkin saja ada planet yang nyasar lagi menjadikan planet tersebut planet kesepuluh di tata surya kita.

Ada juga teori lain mengenai planet kesembilan. Planet kesembilan bukanlah planet yatim, tapi planet dari tata surya tertentu. Planet tersebut merupakan planet terluar dari tata surya lainnya. Saat tata surya kita dan tetangga berdekatan, secara tak sengaja planet tersebut mengikuti medan gravitasi Matahari.


Baca Juga: Bumi Super GJ 356 B, Planet Mirip Bumi Ini Kemungkinan Ber-Alien!?


Yah, memang itu semua masih hipotesa dari para peneliti dan astronom untuk saat ini. Tetapi jika penelitian mengenai astronom dan teknologi sudah cukup maju, kita bisa menemukan posisi tepatnya. Mungkin saja ada alien di sana yang bisa menemani kita dalam menjelajahi Bima Sakti.

SHARE

LEAVE A REPLY