Peta Internet di Masa Awal Internet Dikembangkan

Peta Internet di Masa Awal Internet Dikembangkan

591
peta internet sejarah perkembangan internet

Peta Internet di masa awal internet masih berupa ARPANET memang cukup simple, karena usernya hanya untuk kalangan peneliti.

Kreasitekno.com — Bisa kalian bayangkan bagaimana internet beberapa dekade lalu? Dimana saat itu internet hanya digunakan oleh instansi–instansi tertentu dan pemerintah. Internet saat itu digunakan sebatas untuk komunikasi secara privat tanpa dan rahasia. Bahkan dahulu kita bisa menggambarkan peta internet secara keseluruhan lho!

map-internet-september

 

Sebuah map yang memetakan seluruh jaringan internet di tahun 1973 Mei telah ditemukan bersamaan dengan tumpukan kertas tua di Carnegie School of Computer Science di Pittsburgh. Dimasa itu WWW (World Wide Web) lebih dikenal sebagai ARPANET, dan hanya terdiri dari 42 computer yang terkoneksi dengan 32 titik yang tersebar di Amerika. Saat itu internet adalah sebuah produk kecil yang digunakan secara rahasia oleh beberapa universitas, perusahaan negara dan perusahaan teknologu swasta dari penjuruh Amerika. Koneksi yang mereka pakai saat itu dalah jaringan FTP (File Transfer Protocol).

czyxaghusaa9slb

Bisa dilihat dari peta tersebut, beberapa Universitas yang terlibat dalam pengembangan seperti Universitas Harvard, UCLA dan Univesitas Stanford. Setiap titik tersebut mewakili basic routers di awal tahun 1971 oleh ARPANET. Tanda petir dalam gambar menggambarkan koneksi antara NASA dengan Hawaii menggunakan koneksi satelit saat itu. Sejak saat itu, user sudah bisa mengirim data dengan melakukukan komunikasi dengan network melalui komputer. Hanya selisih beberapa bulan setelah peta ini dibuat, Internet tersebar secara International dan dengan bantuan Satelit ARPANET yang membantu user dari Norwegia dan London.

David Newburry developer dari Art Track Intitiative di Pittsburgh Cernegie Museum of Art menemmukan peta ini dari ayahnya yang berkerja di Cernegie Mellon sejak tahun 1970an. Masih belum diketahui dimana tepatnya peta ini di publikasikan, dia mengatakan bahwa ayahnya mendapatkan peta ini ketika beliau sedang menjabat Bisnis Manager dari School of Computer Science.

arpanet1977_large

geographic-internet-1973-1

Beberapa tahun setelahnya, peta Internet mulai cukup rumit. Hal ini pengaruh terhadap perkembangan teknologi saat itu dan mulainya beberapa instansi yang bergabung dengan jaringan jaringan internet. Dan perkembangan mulai pesat saat  trend personal komputer di awal 1990an hingga saat ini yang melingkupi hampir seluruh dunia dan peta Internet menjadi lebih rumit.

SHARE

LEAVE A REPLY