PS4 vs PS4 Pro: Konsol Mana yang Harus Saya Pilih?

PS4 vs PS4 Pro: Konsol Mana yang Harus Saya Pilih?

3727
PS4 vs PS4 Pro

PS4 vs PS4 Pro memang menjadi perbincangan hangat minggu ini. Dengan membahas kelebihan masing-masing, kita bisa memberikan rekomendasi dalam memilih PS4.

Kreasitekno.com — Belum lama ini, PS4 Pro dirilis oleh Sony dipasaran. Bagi pemiliki dan calon pemilik konsol besutan Sony ini, pastinya akan sedikit bingung untuk membelinya atau tidak, seperti menentukan pendamping hidup, karena selain tampak sama saja, harganya juga berbeda sekitar 1 jutaan. Nah, pada artikel kali ini mari kita bahas seluk beluk tentang PS4 vs PS4 Pro, dan rekomendasi kedepan nantinya.

dbccseho1czgoww7kons

Perbedaan mendasar dari PS4 vs PS4 Pro adalah ukuran fisiknya. PS4 Pro cenderung lebih gendut dibandingkan dengan PS4 basic. Otomatis secara fisik PS4 Pro lebih berat. Dengan dimensi dan bobot yang lebih besar, PS4 Pro memiliki GPU yang lebih powerfull. PS4 Pro dibekali dengan 4.20 TFLOPS, AMD Radeon™ based graphics engine, jika dibandingkan dengan PS4 Basic yang dibekali dengan 1.84 TFLOPS, AMD Radeon™ based graphics engine. PS4 Pro sudah dibekali HDMI™ out port (supports 4K/HDR) dan DIGITAL OUT (OPTICAL) port. Otomatis daya yang diperlukan untuk menghidupi PS4 Pro lebih besar yakni maksimal 310W, dua kali lipat dibandingkan PS4 Basic yang maksimal hanya mencapai 165W. PS4 Pro dibekali dengan Hard Disk 1 TB, kalian juga bisa mendapatkan tempat penyimpanan sebesar itu di PS4 Basic. Jika mengenai Prosessor, Ram, BD/DVD Drive, Ethernet, Bluetootth dan WiFi keduanya memiliki spesifikasi yang sama. Pengoprasian software PS4 Pro masih sama persis dengan PS4 Basic.


Baca Juga: Wow, Butuh 72 Jam Dunia Nyata Untuk Kalahkan Boss Final Fantasy XV Ini!


PS4 Pro lebih fokus pada 4K dan HDR. 4K sebuah standart resolusi untuk TV generasi sekarang. Resolusi 4K berkisar 3840 x 2160 pixels (2160p), dua kali lipat dari HDTV yang beresolusi 1920 x 1080 (1080p). Dan juga ada beberapa TV yang sudah support HDR (High Dynamic Range), teknologi untuk menampilkan range warna yang lebih luas lagi. PS4 Pro akan meng-upscaling resolusi dari game menjadi 4K untuk game yang belum support 4K. Dengan kemampuan konsol ini, diharapkan bisa mengalahkan PC master race dalam menampilkan framerate 60 fps. Dengan kemampuan PS4 Pro, akan memberikan pengalaman PS VR yang lebih baik ketimbang PS4 Basic. Tenang saja, di setting PS4 Pro sendiri kalian masih tetap bisa memilih ukuran dari resolusi yang kalian mau kok.

6yhkbhk

Dari perbandingan PS4 vs PS4 Pro, haruskah saya beli PS4 Pro? Berikut pertimbangannya:

Kalau kamu belum punya PS4 dan pengen punya, kita rekomendasikan untuk beli PS4 Pro. Perbedaan harga sejutaan sudah bisa mendapatkan PS4 Pro dengan kemampuan yang lebih dari PS4 Basic. Meskipun tidak punya 4K TV, tapi pilihan ini adalah sebuah investasi untuk kedepannya.


Baca Juga: Zombie? Teaser Resident Evil 7 Perlihatkan Monster Yang Menyeramkan!


Kalau kamu sudah punya PS4 dan belum punya 4K TV, simpan dulu budgetmu dek. Sony sendiri sudah mengkonfirmasi PS4 Pro tidak akan mendapatkan game ekslusif. Jadi semua game PS4 masih tetap  bisa dimainkan di konsol PS4 Basic mu. Dan juga beberapa judul game belum memberikan update untuk PS4 Pro. Salah satu contohnya Last of Us remaster masih belum optimal berjalan di PS4 Pro.

Kalau kalian punya 4K TV, dan ingin menikmati pengalaman gaming di TV kalian, pilih PS4 Pro. Dan akan lebih baik lagi kalau TV kalian sudah support HDR.

Sumber

SHARE

LEAVE A REPLY