Inilah Perbandingan Performa Jaringan 4G Indonesia dengan Negara-Negara Tetangga

Inilah Perbandingan Performa Jaringan 4G Indonesia dengan Negara-Negara Tetangga

353
Jaringan 4G

Pertumbuhan performa jaringan 4G di Indonesia masih “jalan di tempat”. Bagaimana perbandingannya dengan Korsel, Jepang, ataupun negara-negara tetangga di Asia Tenggara?

Kreasitekno.com — Indonesia masih tergolong negara yang “terbelakang” dalam masalah perkembangan teknologi telekomunikasi, khususnya internet. Perlu diketahui bahwa selain persebarannya yang belum merata (banyak wilayah pelosok yang masih awam dengan internet), hanya sebagian saja orang menggunakan jaringan 4G, bahkan di pulau Jawa sekalipun. Pada faktanya memang saat ini jaringan 3G yang paling dominan digunakan oleh masyarakat Tanah Air, sebagian lainnya banyak juga yang menggunakan 2G. Di beberapa daerah yang sudah mendukung 4G pun, banyak masyarakat yang masih memakai 2G. Inilah salah satu faktor utama yang mempengaruhi buruknya performa 4G di Nusantara hingga menyebabkan kekecewaan bagi para penggunanya.


Baca Juga: Ini Yang Jadi Penyebab “Jeblok”-nya Performa Internet 4G di Indonesia!


Belakangan ini lembaga survei OpenSignal melaporkan kondisi terbaru mengenai performa dan jangkauan internet 4G di berbagai negara di dunia, termasuk salah satu diantaranya yakni Indonesia. Di dalam laporannya, ada 2 hal yang dipaparkan terkait dengan kondisi jaringan seluler 4G di Indonesia, yakni masalah ketersediaan dan kecepatan.

4g-lte

Indonesia berada di peringkat 51 dunia dengan jangkauan sebesar 58,84 persen yang artinya adalah rata-rata pengguna 4G di Tanah Air mempunyai peluang untuk menemukan performa maksimal dari 4G sekitar 58,84 persen dari total jumlah waktunya ketika online. Singkatnya, dalam sehari penuh koneksi 4G bisa naik turun.  Terkadang standar kecepatannya menurun hingga beralih ke HSPA+ atau 3G. Korea Selatan dan Jepang  berada di urutan teratas dalam hal keterjangkauan ini dimana masing-masing memiliki capaian nilai sebesar 95,71 dan 92,03 persen. Sehingga sangat kecil kemungkinan masyarakat di kedua negara tersebut mengalami penurunan kecepatan 4G.

Dari segi kecepatan download, Indonesia menempati urutan ke-74 dunia berdasarkan laporan terkini OpenSignal. Rata-rata kecepatan download sinyal 4G di Indonesia berada di rentang 8,79 Mbps. Dalam hal ini, Singapura berada di urutan teratas terkait dengan kecepatan download sinyal 4G. Terpaut tipis di atas Korea Selatan yang memiliki rata-rata kecepatan sebesar 45,77 Mbps, Singapura unggul dengan kecepatan rata-rata download  mencapai 45,86 Mbps. Benar-benar jarak yang teramat jauh jika dibandingkan dengan Indonesia. Bahkan kecepatan internet Indonesia sendiri masih kalah dengan negara tetangga seperti Malaysia dan Thailand dimana kecepatan rata-rata download masing-masing adalah sebesar 15,8 dan 15,73 Mbps.

coverage-lte-graph

Melihat kondisi seperti ini, kita hanya bisa berharap semoga ke depannya lebih banyak masyarakat Indonesia yang menggunakan teknologi 4G. Karena bagaimanapun juga masyarakat memiliki peranan yang sangat penting dalam memajukan dan meningkatkan perkembangan teknologi internet di Indonesia.

SHARE

LEAVE A REPLY