Surface Studio dari Microsoft Ini Jauh Lebih Canggih Daripada iMac!

Surface Studio dari Microsoft Ini Jauh Lebih Canggih Daripada iMac!

567
Microsoft Surface Studio

Ada yang baru dari produk destop keluaran Microsoft, yakni Surface Studio! Sehebat apa kemampuan PC all-in-one ini?

Kreasitekno.com Sudah sejak lama Apple dan Microsoft menjadi rival dalam era pengembangan teknologi. Kedua perusahaan raksasa ini hampir selalu menunjukkan persaingan yang ketat lewat pembawaan ciri khas karakter masing-masing. Apple menenteng gaya yang eksklusif nan mewah, sedangkan Microsoft dikenal dengan produknya yang murah dan memasyarakat.


Baca Juga: 7 Fitur Terbaru MacBook Pro Ini Benar-Benar GREGET!!


Namun Apple memang sedikit “lamban” dalam merilis produk-produk yang berkaitan dengan desktop seperti Macbook Series. Tak terasa sudah berapa tahun lamanya Apple belum merilis generasi terbaru untuk versi PC atau desktop. Ataukah karena saat ini Apple masih terlalu fokus dengan pengembangan Iphone sehingga yang lainnya “terbengkalai”?

surfacehome_2_herofullbleedpanel_en_v2

Apapun itu, Microsoft telah melihat adanya peluang untuk mengisi “kekosongan” ini dengan merilis produk terbaru yang dikatakan setara dengan iMac, yakni Surface Studio. Jika dilihat dari desainnya, Surface Studio benar-benar bisa dibilang sebagai pesaing terberat Apple untuk versi desktop (terlebih lagi karena Apple masih belum merilis produk terbaru).

“Kami sepenuhnya percaya bahwa Surface mampu mengubah cara pandang anda tentang memproduksi, menciptakan dan belajar. Produk yang akan saya pamerkan (Surface Studio) tak hanya berkenaan semua itu, melainkan juga selangkah di depan. Surface Studio akan tampak familiar, namun juga terasa berbeda” tutur Panos Panay, Corporate VP of Devices Microsoft, sebagaimana yang dilansir dari The Verge pada Kamis (27/10/2016) lalu.

1477503118434

Surface Studio masuk dalam kategori desktop all-in-one dimana berbagai komponen pendukung seperti motherboard, kartu grafis, RAM, dan lainnya sudah terangkai menjadi satu dengan layar LCD. Bahkan Microsoft sendiri berani mengklaim bahwa layar LCD miliknya (Surface Studio) adalah yang paling tipis di kategori all-in-one, yakni hanya dengan ketebalan 12,5 mm saja. Struktur layar tersebut berbahan aluminium yang terbentang sepanjang 28 inci dengan tingkat resolusi output mencapai 13,5 juta piksel, 63 persen lebih “jernih” daripada televisi 4K.


Baca Juga: Bravo, Bill Gates Ulang Tahun Sebagai Manusia Terkaya di Muka Bumi!


Panay menyatakan bahwa kualitas layar LCD yang dimiliki Surface Studio merupakan yang terbaik di kelasnya. LCD touchscreen tersebut mampu mendukung resolusi 4.500 x 3.000 piksel dengan rasio 3:2. Sedangkan tingkat kerapatannya mencapai 192 ppi yang didukung dengan jumlah sentuhan hingga mencapai 10 titik.  Tak diragukan lagi kemampuan ini akan benar-benar memanjakan kebutuhan para desainer.

Sejauh ini ada 3 model Surface Studio yang telah dirilis oleh Microsoft yang dibedakan berdasarkan spesifikasinya. Keseluruhan model tersebut rata-rata telah dilengkapi dengan spesifikasi premium berupa processor Intel Core i5 atau i7 generasi ke-6, media penyimpanan (harddisk) sebesar 1TB atau 2TB, pilihan RAM 8GB/16GB/32GB, serta pilihan kartu grafis (VGA) dari GeForce GTX 965M 2 GB (untuk versi Intel Core i5) hingga GTX 980M 4 GB (untuk versi Core i7).

Sayangnya, Surface Studio masih baru dijual dalam jumlah yang terbatas di Amerika Serikat dengan harga 2.999 dollar AS (Rp 39 juta), 3.499 dollar AS (Rp 45 juta), hingga 4,199 dollar AS (Rp 54 juta), tergantung dari spesifikasinya.

SHARE

LEAVE A REPLY