Inilah Peningkatan Performa yang Signifikan dari Bluetooth 5!

Inilah Peningkatan Performa yang Signifikan dari Bluetooth 5!

430
peningkatan performa Bluetooth 5

Inilah sejumlah keunggulan dan peningkatan performa yang terdapat pada Bluetooth 5 dibandingkan dengan pendahulunya!

Kreasitekno.com— Beberapa hari yang lalu, tepatnya pada Kamis, 8 Desember 2016, Bluetooth Special Interest Group atau biasa dikenal dengan sebutan Bluetooth SIG mengumumkan ketersediaan teknologi konektivitas terbarunya, Bluetooth 5. Berdasarkan sejumlah informasi yang didapat dari Business Wire, Jum’at (17/6/2016), standar teknologi baru milik mereka ini memiliki jangkauan empat kali lebih luas, kecepatan dua kali lipat, serta peningkatan kapasitas data hingga 800 persen dibandingkan standar Bluetooth saat ini.


Baca Juga: Robot Cewek Virtual Ini Akan Menemani Hari-Harimu Yang Sepi!


“Bluetooth 5 akan mengubah pengalaman orang di era internet of things (IoT), dengan membuat peranti sekitar makin mudah terhubung,” ujar Mark Powell, Executive Director of the Bluetooth SIG. Peningkatan performa yang signifikan ini akan mendukung berbagai koneksi dengan produk-produk IoT dimana selanjutnya Bluetooth 5 akan membuat layanan pemancar, pengenal lokasi, dan koneksi nirkabel lainnya yang lebih relevan untuk produk-produk iOT. Selain itu, peningkatan data transfer juga memungkinkan perpindahan data dan update software yang lebih cepat.

bluetooth-5-main

Pada tahun ini, diperkirakan ada sekitar 8,2 miliar produk yang dilengkapi dengan konekitivitas Bluetooth di seluruh dunia. Dengan adanya Bluetooth 5, diperkirakan beberapa tahun mendatang, sepertiga dari jumlah produk tersebut telah menggunakan Bluetooth 5 khususnya pada perangkat IoT. Di samping peningkatan performa jangkauan nirkabel hingga mencapai 400 persen dengan kecepatan dua kali lipat dari Bluetooth 4, versi Bluetooth terbaru ini diklaim lebih stabil, kuat, dan aman. Selain itu, Bluetooth terbaru ini juga mendapat perbaikan pengumpulan data untuk beacon, yaitu perangkat kecil yang dapat mengirim informasi ke ponsel konsumen saat mereka berada di toko.

bluetooth 5

Bluetooth SIG mengatakan bahwa produk-produk yang menerapkan Bluetooth versi terbaru ini ditujukan untuk gawai, industri, otomasi rumah, dan perusahaan.

“Dengan jangkauan 4x, kecepatan 2x dan kapasitas broadcast message 8x, perbaikan di Bluetooth 5 fokus ke fungsi Internet of Things (IoT). Bluetooth 5 membuat IoT “tanpa koneksi”, beacon lebih canggih dan kemampuan berdasarkan lokasi di rumah, perusahaan dan aplikasi industri. Ini akan memberti dampak signifikan untuk pengembang dan manufaktur, juga pengalaman untuk konsumen,” demikian Bluetooth SIG menyatakan.

SHARE

LEAVE A REPLY