Bagi Para Pengguna Gadget, Waspadai Gejala Tech Neck Ini!

Bagi Para Pengguna Gadget, Waspadai Gejala Tech Neck Ini!

780
Pengguna Gadget Cara Mengatasi Sakit Leher Saat Menggunakan Gadget

Apakah kamu salah satu diantara pengguna gadget yang mengalami Tech Neck? Jika benar demikian, ubahlah kebiasaanmu dan lakukan beberapa tips berikut ini!

Kreasitekno.com  Perkembangan teknologi yang begitu pesat pada beberapa dekade terakhir ini benar-benar membawa dampak yang sangat besar bagi keseluruhan masyarakat di berbagai penjuru dunia. Termasuk hal yang seringkali ditengarai yakni perubahan perilaku yang terjadi di tengah-tengah masyarakat akibat pengaruh teknologi, khususnya mobile device. Apapun itu, tetap akan selalu ada dampak negatif maupun positifnya.


Baca Juga: Lupakan Wortel, Inilah Cara Ampuh Menyembuhkan Rabun Jauh!


Seperti yang kita ketahui bahwa ‘meledak’nya berbagai produk gadget khususnya perangkat smartphone yang tersebar di seluruh dunia mau tidak mau membuat seluruh lapisan masyarakat turut merasakan beberapa perubahan signifikan. Perubahan yang dimaksudkan yakni seperti pola pergaulan, cara berkomunikasi, maupun mindet seseorang. Beberapa perubahan tersebut tak jarang meninggalkan efek buruk.

tech-neck-spine

Pernahkan kamu mengalami punggung sakit, otot-otot leher atau pergelangan tangan mendadak kaku, pusing, atau minus mata semakin bertambah? Bagi seseorang yang sudah menjadikan gadget (termasuk smartphone & laptop) sebagai hal yang tidak bisa terpisahkan dari hidupnya, maka kejadian tersebut bukanlah sesuatu yang asing. Bahkan sebagian orang menganggap semua itu bukanlah masalah yang perlu dianggap serius. Namun, benarkah bahwa hal tersebut adalah masalah yang sepele?

Sejatinya, para dokter dan ahli medis telah berkali-kali menyarankan untuk tidak menggunakan gadget secara berlebihan. Terutama jika pengguna sudah mulai terindikasi beberapa dampak yang merugikan kesehatannya, seperti misalnya yang sering ditemui belakangan ini adalah leher yang kaku. Seringnya pengguna gadget menundukkan kepala ketika berinteraksi dengan perangkat smartphone menjadi faktor terbesar penyebab leher menjadi kaku. “Sindrom” ini mulai banyak dikenal masyarakat dengan nama Tech Neck.

effectsofforwardheadposture-400x266

Beberapa gejala yang ditimbulkan akibat Tech Neck antara lain yakni:

  1. Otot leher mulai kaku
  2. Terasa pusing saat menatap layar gadget
  3. Seringkali salah fokus saat membaca teks panjang
  4. Seringkali typo saat melakukan chating

8034-le-21eme-adam-katz-sinding-veronika-heilbrunner-vodafone-london-fashion-week-spring-summer-2015_aks8405

Bagaimana Cara Mencegah dan Mengatasi Tech Neck?

Semua gejala-gejala yang timbul tersebut tak lain karena pengguna terlalu lama dan intens dalam menggunakan gadget, atau dengan kata lain tidak diselingi dengan istirahat. Namun demikian, tetap ada cara untuk mencegah atau setidaknya mengurangi beberapa gejala yang ditimbulkan dari Tech Neck, diantaranya yakni sebagai berikut:

  1. Lakukan gerakan leher dan pundak di sela-sela menggunakan smartphone atau didepan komputer
  2. Saat kepala mulai terasa berat, pejamkan mata beberapa saat
  3. Ketika sudah merasa sering typo atau tidak fokus dalam menulis, hentikan penggunaan smartphone sesaat. Lakukan bentuk refreshing ringan untuk mengembalikan fokus
  4. Disarankan agar menggunakan headset ketika menerima telepon untuk meminimalisir ketegangan urat leher

Demikian sedikit ulasan dan tips mengenai cara mencegah dan mengurangi efek buruk yang ditimbulkan dari Tech Neck. Mudah-mudahan bermanfaat, ya. ^^

SHARE

LEAVE A REPLY