Penemu Traffic Light dan Evolusi Lampu Lalu Lintas Sepanjang Sejarah

Penemu Traffic Light dan Evolusi Lampu Lalu Lintas Sepanjang Sejarah

1419
penemu traffic light lampu lalu lintas

Tahukah kamu siapa penemu traffic light? Seperti apa desain pertama dari lampu lalu lintas ini? Yuk, kita simak sejarahnya dalam artikel ini!

Kreasitekno.com Traffic light atau biasa kita sebut dengan lampu merah merupakan pengaman yang berada di perempatan. Seluruh dunia memiliki pakem yang sama, merah untuk berhenti, hijau untuk jalan. Bahkan beberapa dekade terakhir disamping untuk mengatur lalu lintas, lampu merah ini digunakan untuk penyebrangan pejalan kaki. Apakah kalian tidak penasaran, siapa penemu traffic light?


Baca Juga: Sejenak Mengintip Penemu dan Pembuat Sabun Pertama di Dunia


Permasalah macet merupakan trigger ditemukannya traffic light. Dulu, kereta kuda dan pejalan kaki membuat macet jalanan London di tahun 1860-an. Seorang manager dari British Railway, John Peake Knight menyarankan untuk mengadaptasi sistem yang digunakan untuk jalur kereta saat itu dalam mengontrol kemacetan. Di masa itu jalur kereta api menggunakan sistem semaphore pada tiang yang memiliki lengan yang cukup pendek untuk indikasi bahwa kereta boleh melaju atau tidak.

semaforo_1868

Adaptasi semephore ini memberikan sinyal berhenti dan jalan saat siang hari, pada malam hari menggunakan lampu merah dan hijau. Lampu gas digunakan saat malam hari yang dioperasikan oleh seorang petugas kepolisian. Hal ini pertama kali diterapkan pada tanggal 9 Desember 1868 diperempatan Bridge Street dan Great George Streen kota London dekat Houses of Parliament dan Jembatan Westminster.

Hal ini berjalan cukup sukses dan mereka berencana untuk memasang lagi di lain tempat. Sebulan setelahnya seorang petugas polisi yang bertugas mengontrol lampu disaat malam, terluka cukup parah ketika lampu gas meledak tepat diwajahnya. Akhirnya proyek tersebut dihentikan karena membahayakan petugas operasionalnya.

traffic-signal-stirrine

Setelah lebih dari empat dekade paska kecelakaan itu, alat tersebut mulai mendapat popularitasnya lagi. Terutama di Amerika ketika mobil mulai banyak dipakai. Di awal 1900 banyak patent yang diajukan dengan beberapa inovasi, sehingga hal ini menjadikan kesulitan dalam menetapkan siapa penemu traffic light. Di 1910, Ernest Sirrine memperkenalkan sinyal lalulintas yang bisa dikendalikan. Alatnya menggunakan dua tampilan di papa “stop” dan “proceed” sebagai acuannya.

traffic-signal-wire

Pada tahun 1912 diperkenalkan oleh Lester Famsworth Wire, seorang polisi dai Salt Lake City, Utah. Alat yang dikenalkan oleh Wire menggunakan lampu listrik yang ditempatkan dalam rumah burung. Alat ini diletakan ditengah – teengah perempatan dan seorang petugas kepolisian secara manual.

Tetapi untuk penemu Traffic Light listrik jatuh pada James Hoge yang ia pasang pada 5 Agustus 1914 di Cleveland. Traffic Light milik hoge dipasang di setiap sisi perempatan seperti saat ini tetapi masih manual. Beliau mendapatkan patennya pada tahun 1918.


Baca Juga: Korea Tengah Mengembangkan “Gundam”!? (Video)


Pada tahun 1917 William Ghiglieri dari San Fransisco mempatenkan Trafic Light yang menggunakan sistem lampu merah dan hijau dan desainnya memiliki mode manual maupun otomatis. Di tahun 1920, William Potts, mengembangkan lagi dengan tambahan lampu kuning sebagai tanda hati–hati. Ditahun 1923 Garrett Morgan dari Cleveland mematenkan Trafic Light otomatis yang menggunakan listrik. Desainnya menggunakan tiang berbentuk huruf T sehingga digunakan dari tiga arah sekaligus. Desainnya cukup terjangkau sehingga pembuatannya bisa dibuat secara masal. Morgan menjual patentnya ke General Electric seharga $40.000.

Memang penemu Trafic Light tidak hanya satu dan bisa dikatakan John Peake Knight menjadi pencetus pertama meski tidak memiliki patent dari Trafic Light. Jadi jika ditanya siapa penemunya, dilihat dari mana? Jika pencetus bisa kita simpulkan, John Peake Knight sebagai pencetus pertama Trafic light.

SHARE

LEAVE A REPLY