Penemu SIM Card Pertama Yang Menjadi Babak Baru di Dunia Telekomunikasi

Penemu SIM Card Pertama Yang Menjadi Babak Baru di Dunia Telekomunikasi

1076
penemu sim card

Tahukah kamu siapa penemu SIM Card? Apakah kamu juga tahu kepanjangan dari SIM Card? Yuk, simak sejarahnya di dalam artikel ini!

Kreasitekno.com — Jaman sekarang, gadget mulai menduduki kebutuhan primer bagi kawula muda. Ponsel menjadi primadona dikalangan mereka. Salah satu komponen dari ponsel yang cukup penting adalah SIM Card, sebuah benda mungil yang menandakan nomor dari ponsel kita. SIM Card merupakan kependekan dari Subciber Identity Mocule yang artinya identitas pelanggan. Oleh sang penemu, ditambah kata Card yang dalam bahasa Indonesia artinya kartu. Bila digabungkan yang berarti kartu identitas pelanggan. Maka jadilah itu yang dinamakan SIM Card. SIM card dirilis oleh pihak provider dengan menyediakan berbagai kebutuhan yang digunakan untuk mengakses layanan mereka. Kartu ini menyimpan informasi pelanggan dan informasi pribadi lainnya. Nah, apakah kita pernah tahu siapa penemu SIM Card?

Hermann Giesecke dan Alphonse Devrient pada tahun 1991, membuat SIM card melalui perusahaan yang didirikannya sejak 1852 di kota Munich, Jerman. Waktu itu, perusahaan tersebut membuat SIM Card untuk sebuah operator telekomunikasi di Finlandia. Jika dibandingkan dengan ukuran yang sekarang, dulu betuknya cukup besar seperti kartu kredit, KTP atau ATM dengan panjang dengan panjang 85,60 milimeter, lebar 53,98 milimeter, dan dengan ketebalan 0,76 milimeter. Sebanding juga dengan ponsel dahulu yang ukurannya juga besar.

Karena dianggap ukurannya terlalu besar, perusahaan terus berinovasi bagaimana caranya SIM Card dibuat untuk menyesuaikan ukuran ponsel sesau dengan zamannya. Saat ini ukuran SIM Card sudah realtif kecil-kecil. Dibuatlah SIM Card untuk ponsel dengan ukuran panjang 25 milimeter, lebar 15 milimeter dan dengan ketebalan 0,76 milimeter. SIM Card dengan ukuran kecil hingga kini masih populer dan didukung oleh banyak produsen handphone.

SIM Card dirancang khusus yang memudahkan penggunanya, yakni bisa dilepas dan diintegrasikan ke dalam setiap handset GSM. Pengguna tidak perlu khawatir akan kehilangan nomor telepon karena satu SIM Card mungil itu bisa menyimpan ratusan bahkan ribuan nomor telefon. Dan bahkan SIM Card yang sekarang ini, ada yang mampu menyimpan informasi video, gambar dan lainnya. Dapat dianalogikan seperti hardisk kecil atau memory card yang menjadi “nyawa” dari suatu ponsel. Nah jadi kita berterima kasih kepada Hermann Giesecke dan Alphonse Devrient sebagai penemu SIM Card.

sumber

SHARE

LEAVE A REPLY