Tahukah Kalian Siapa Penemu Microwave atau Oven?

Tahukah Kalian Siapa Penemu Microwave atau Oven?

950
penemu microwave pertama

Barang yang satu ini memang serba guna, tapi tahukah kamu siapa penemu microwave sebenarnya?

Kreasitekno.com — Siapa yang tidak tahu microwave, atau jika diindonesia leboh dikenal dengan nama “oven”? Kotak mungil yang memudahkan kita dalam memasak cukup membantu dalam kehidupan kita sehari – hari. Nah, apakah kalian tidak penasaran, siapa penemu microwave?

nce6hs

Adalah Percy LeBaron Spencer, seorang insinyur otodidak yang bahkan tidak lulus sekolah. Ketika berada di Reytheon Corp, beliau bekerja dalam hal magnetron, sebuah alat yang menghasilkan radiasi gelombang pendek (microwave).

Suatu hari, Spencer sedang mengetes sebuah magnetron, tetapi tiba–tiba saja coklat di sakunya meleleh. Karena rasa penasaran, beliau mencoba dengan makanan lainnya, seperti popcorn yang akhirnya meletup. Selanjutnya, beliau mencoba sebuah telur tapi malah meledak.


Baca Juga: Sejenak Mengintip Penemu dan Pembuat Sabun Pertama di Dunia


Akhirnya spencer membuat sebuah kotak besi dan menyinarinya dengan gelombang pendek. Energi yang masuk ke kotak akan terkurung dan memberikan daya yang cukup untuk memasak makanan. Spencer juga menyadari bahwa dengan teknologi microwave dapat memasak lebih cepat dibandingkan dengan menggunakan bara api biasa. Akhirnya beliau mematenkan temuannya tersebut pada tahun 1945. Sehingga bisa dianggap beliaulah penemu microwave.

penemu microwave pertama tahun 1955

Microwave pertama dipasaran telah di-test di sebuah restoran Boston pada tahun 1947. Setahun kemudian, Raytheon mengenalkan microwave Radarange 1161 yang tingginya hampir dua meter dengan berat 340 kg dengan harga yang cukup fantastis: $5.000!

Pada model ini, magnetron menghasilkan panas yang cukup tinggi sehingga butuh pendingin dengan menggunakan air. Industri makanan mulai menggunakan microwave seperti pengusaha kopi dan kacang. Seiring dengan perkembangan, industri lainnya mulai melirik pada alat ini. Seperti untuk memanaskan kertas, keramik, tekstil dan pensil.

penemu microwave oven pertama

Pada tahun 1955, perusahaan Tappan memperkenalkan microwave rumahan. Tetapi karena bentuknya yang cukup besar sebesar kompor dan harga yang cukup fantastis, $1.295, hanya sedikit yang terjual. Pada tahun 1965 dan dua tahun setelah itu, Amana Radarange didesain lebih kecil dan harga yang lebih murah dibandingkan dengan generasi pertamanya, $500.

Sumber: 1 2 3

SHARE

LEAVE A REPLY