Inilah 11 Situs Yang Diblokir Pemerintah Gara-Gara Memicu SARA!

Inilah 11 Situs Yang Diblokir Pemerintah Gara-Gara Memicu SARA!

888
11 situs sara diblokir

Kementerian Komunikasi dan Informatika kembali memblokir 11 situs yang dianggap mengancam keutuhan NKRI. Berikut ulasan mengenai daftar nama-nama situs yang telah diblokir!

Kreasitekno.com — Di awal tahun ini, pemerintah kembali memblokir sejumlah situs yang dianggap mengandung unsur negatif dan mengancam keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). Sebenarnya beberapa bulan yang lalu sudah diberlakukan kebijakan yang senada, yakni berupa pemblokiran pada situs-situs yang diyakini dapat memicu terjadinya fitnah, provokasi, SARA, serta berbagai muatan negatif lainnya. Namun jumlah situs yang diblokir rupanya dirasa tak sebanding dengan banyaknya situs untrusted yang sedang beredar di dunia maya.
310315032329_blokir-situs-radikal-sofiardi-harusnya-kemenkominfo-gif
Dalam hal ini, pihak Kementerian Komunikasi dan Informatika sudah meminta agar penyedia jasa layanan internet (internet service provider) untuk memblokir 11 situs tersebut sehingga tidak bisa diakses oleh masyarakat.Adapun 11 situs yang diblokir tersebut yakni:

  1. voa-islam.com
    2. nahimunkar.com
    3. kiblat.net
    4. bisyarah.com
    5. dakwahtangerang.com
    6. islampos.com
    7. suaranews.com
    8. izzamedia.com
    9. gensyiah.com
    10. muqawamah.com
    11. abuzubair.net

“Sebelas situs yang diblokir ini merupakan hasil pantauan dari sekitar 200 situs maupun media yang diyakini bermuatan negatif,” tutur Kepala Humas Kominfo Noor Iza selaku Pelaksana Tugas (Plt) saat dihubungi Selasa (3/1/2017) lalu. Noor Iza menjelaskan bahwa sembilan situs pertama diblokir karena mengandung konten negatif, seperti ujaran kebencian, fitnah, provokasi, SARA, hingga penghinaan simbol negara. Sedangkan dua situs lainnya karena mengandung phising dan malware.

Alhasil ketika netizen mengakses situs-situs di atas dengan menggunakan salah satu ISP, maka hasilnya akan dialihkan ke halaman Internet Positif, atau pada halaman akan muncul keterangan Your Connection Is Not Secure. Meski begitu, pengalihan ini belum bisa berlaku seluruhnya. Karena saat mencoba menggunakan ISP lain, beberapa situs masih bisa diakses.
11 situs yang diblokir pemerintah

Presiden RI Joko Widodo juga menghimbau agar media yang mengandung berita fitnah dan kebohongan dievaluasi. Hal ini disampaikan Jokowi dalam rapat terbatas di Kantor Presiden, Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, pada Kamis (29/12/2016) pekan lalu.Menkominfo Rudiantara juga mengatakan bahwa pihaknya telah bekerjasama dengan Dewan Pers untuk proses evaluasi situs media.

Dari sebelas situs yang telah diblokir, seluruhnya adalah situs Islam. Mengingat belakangan ini masyarakat sedang sensitif dengan isu yang berbau SARA. Sementara Indonesia adalah negara dengan mayoritas penduduk beragama Islam. Namun yang menjadi pertanyaan, apakah seluruh situs yang diblokir tersebut benar-benar memuat konten yang negatif? Ataukah desakan atas pemblokiran sejumlah situs tersebut dilakukan bukan oleh mayoritas, melainkan dari sebagian kecil pihak saja?

SHARE

LEAVE A REPLY